Aek Godang – Sibuhuan Putus Total, Perantau Palas Mendesak Gubsu dan Bina Marga Turun Tangan

Jalan Aek Godang – Sibuhuan di Desa Hulim Putus, terlihat Dinas Perhubungan Palas

HUBUNGAN  Lalulintas sejak zaman dahulu dari Aek Godang Kabupaten Padang Lawas Utara( Paluta) ke Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas sama sekali tidak pernah terputus, namun akhir-akhir ini khususnya medio Desember 2018 Jalan Provinsi yang menghubungkan kedua Kabupaten diwilayah Tabagsel itu sudah beberapa hari ini putus total disebabkan amblasnya jalan diwilayah Desa Hulim Kecamatan Sosopan.

            “ Kalau melihat kondisi jalan yang rusak tersebut, sebaiknya Gubernur Sumatera Utara segera memerintahkan Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi Sumut untuk turun langsung melihat kondisi jalan agar warga di daerah itu tidak terisolir,” ujar Dita Risky Saputri Hasibuan Caleg No 6 DPRD Dapil 7 Sumut dari PDI Perjuangan, Sabtu sore(8-12) ketika hendak melakukan sosialisasi kewilayah Kabupaten Padang Lawas.

Jalan Aek Godang – Sibuhuan yang Putus

Harusnya, ujar Dita Risky yang juga putri Iskandar Hasibuan ( Putra Sigorbus), pihak UPT.Bina Marga daerah itu segera melakukan konsolidasi dengan Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi Sumut ataupun dengan Gubsu untuk mencari jalan keluar bagaimana agar Jalan Provinsi yang menghubungkan Padang Lawas Utara – Padang Lawas itu segera diperbaiki untuk menghindari kerugian bagi masyarakat daerah itu.

            Disampaikan Dita Risky, bahwa Desa .Hulim,Sosopan,Banua Tonga,Sihaporas,Sosopan Julu,Hutabaru Sosopan,Sianggunan,Hutabara jika tidak segera diatasi jalan yang rusak akan bisa terisolir, karena jika akan memutar dari Sibuhuan – Gunungtua sangat tidak mungkin lagi dan mengeluarkan anggaran yang sangat besar sekali.

            Mungkinkah Gubsu Perhatian..? tergantung, jangan-jangan kerusakan atau terputusnya Jalan ke Sibuhuan itu didiamkan pihak Bina Marga daerah itu, tetapi jika Gubsu mengetahui kondisi itu dipastikan akan mengintruksikan Bina Marga dan Bina Kontruksi Sumut untuk turun langsung, tapi kita tidak perlu ber andai-andai, kita mendesak Gubsu Edy Rahmayadi untuk dapat memerintahkan Bina Marga segera mengatasinya.

            Disampaikan Dita Risky, harusnya Bina Marga dan Bina Kontruksi atau UPT.Bina Marga Gunungtua atau Sibuhuan membuat Plank bahwa keondisi jalan terputus, jangan mendiamkan, akibatnya kita yang mau ke Sibuhuan harus memutar balik dari Gunungtua, tentu memakan jarak yang sangat jauh, inilah titik kelemahan dari Bina Marga dan Bina Kontruksi Sumut yang tidak mau membuat Plank bahwa jalan terputus.

            Sebenarnya, ujar dia, masyarakat bisa menuntut Gubsu maupun Bina Marga dan Bina Kontruksi Sumut atas rusaknya jalan Provinsi disekitar Desa Hulim Kecamatan Sosopan itu, sebab aktivitas masyarakat terganggu disebabkan lambannya pemerintah untuk mengatasinya dan ngak mungkin Gubsu tidak mengetahui kerusakan jalan dimaksud.

Komentar Perantau Palas

Membuat Jalan Alternatif masyarakat dan Dishub Palas

Putra Desa Sigorbus Padang Lawas Iskandar Hasibuan di lokasi longsor, Sabtu siang(8-12) mengaku sangat kecewa dengan pihak Bina Marga dan Bina Kontruksi Sumut yang sampai sekarang belum mau turun langsung melihat kerusakan jalan antara Aek Godang – Sibuhuan Via Sosopan yang banyak Amblas dan rusak.

            Maksudnya..? pihak Provinsi janganlah pura-pura tidak mengetahui, Amblas dan terputusnya Jalan diwilayah Desa Hulim Sosopan bukanlah tanggung jawab dari Bupati Padang Lawas, melainkan adalah kewenangan Gubsu Cq. Bina Marga dan Bina Kontruksi Sumut dan pihak Provinsi hendaknya jeli untuk mendengar jeritan rakyat daerah itu.

            “ Sebagai putra Padang Lawas yang tinggal di Panyabungan, saya ikut prihatin dengan kondisi Jalan antara Aek Godang – Sibuhuan Via Sosopan di Desa Hulim sekitarnya dan mendesak Gubsu untuk segera memerintahkan Kadis Bina Marga mencari jalan keluar agar hubungan kedua daerah itu kembali normal,” ujar Iskandar Hasibuan yang juga Ketua DPC.PDI Perjuangan Mandailing Natal itu kepada sejumlah Wartawan.

Masyarakat dan Dishub Palas membuat jalan alternatif

Harapan anda kepada Gubsu dan Bupati Palas..?  ia itu tadi, tanggung jawab Jalan Provinsi itu ditangan Gubsu Cq. Bina Marga dan Bina Kontruksi Sumut, janganlah pihak Bina Marga hanya menonton, tetapi segera mengambil langkah-langkah yang positif untuk mengatasinya, sebab masyarakat ribuan KK nantinya akan terisolir.

            “ Saya mendesak Gubsu dan Bupati Palas untuk segera ikut mencari jalan keluar agar jalan yang rusak dan Amblas tersebut segera diperbaiki, sebab jalan tersebut sangat membantu perekonomian masyarakat,” ujar Iskandar Hasibuan ( Team)

 

 

 

Liputan : Aris Munandar Hasibuan

Admin : Siti Putriani Lubis

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: