Akibat Banjir Panen Menurun, UPT.BP3K Sinunukan Meninjau Kelompok Tani Jagung

Warga Desa Banjar Aur Utara menjemur jagung. Foto ali usman

SINUNUKAN, (Malintang Pos). Kepala UPT BP3K Kec. Sinunukan Kab. Mandailing Natal Irma Wati, SP tinjau panen jagung Kelompok Tani di Desa Banjar Aur Utara Kec. Sinunuka Kab. Mandailing Natal, Kamis (25/10/2018)

            Salah satu anggota kelompok tani Desa Banjar Aur Utara Kec. Sinunukan Hutri Siregar yang bercerita pada kepala UPT BPK3P Kec. Sinunukan Ibu Irma musim panen jagung kali ini memang ada penurun yang di sebabkan bencana banjir yang merendam ladang jagung akhir – akhir ini dan cuaca yang tidak menentu, sehingga membuat tanaman kami jadi kurang maksimal perkembangan dan hasilnya, yang biasanya 4-5 ton/Hk dengan bencana ini sedikit ada penurunan hasil panen dari musim biasanya.

            Kepala UPT BP3K Kec. Sinunukan juga menjelaskan pada tim Malintang Pos Groub kelompok tani Desa Banjar Aur Utara merupakan kelompok tani dengan lahan  terluas di kec. Sinunukan ini, tapi bukan lahan hamparan melainkan lahan pemampaatan kebun kelapa sawit dijadikan lahan ladang jagung dimana pada saat ini pokok kelapa sawitpun sudah semakin makin besar.

Kepala UPT BP3K kec. Sinunukan bincang dengan petani di Desa Banjar Aur Utara. Foto ali usman

Sehingga mempersepit lahan untuk penanaman jagung, alhasil dapat mempengaruhi atau menurunnya hasil panen warga yang di tambah lagi dengan bencana banjir yang merendam lahan warga, namun perawat yang kita lalukan sudah sesuai dengan peraturan Dinas Pertanian mulai dari penanaman, pemupukan, penyemprotan hama sampai pemanenan sudah sesuai,”ungkap kepala UPT BP3K kec. Sinunukan

            Sahriden kapala Desa Banjar Aur Utara kec. Sinunukan kab. Mandailing Natal juga menuturkan pada tim malintang pos harga jagung kering masyarakat yang dijual pada toke saat ini mencapai Rp 4.000 – 4.300 / Kg nya, harapannya harga jagung ini tetap terjaga, sehingga masyarakat lebih semangat dan lebih giat lagi mengembang usaha pertanian (ladang jangun) ini(AU/RH)

 

 

Liputan : Ali Usman

Admin : Siti Putriani

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: