Aktivis Sosial Angkat Bicara, Perusahaan Wajib Bantu Warga Miskin Yang Sakit

Kanan Warga Desa Sasaran yang butuh bantuan di RSU Husni Thamrin Natal terbaring

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Aktivis Sosial yang juga Mantan anggota DPRD Kab.Madina (Priode 2009-2014) Iskandar Hasibuan,SE mengutarakan seluruh perusahaan yang menanamkan Investasinya diwilayah Kabupaten Mandailing Natal, wajib untuk mengeluarkan sebagian biayanya untuk membantu warga miskin yang sakit.

            “ Berita “Penderita Gisi Buruk dari Desa Sasaran Kec.Natal, masuk ke WhatsApp saya menjelang Sholat Jumat( 13-9), begitu say abaca langsung darah saya mendidih, begitu banyak perusahaan yang ber omset milyaran rupiah diwilayah Pantai Barat atau daerah Kec.Lingga Bayu, Kec.Natal, Kecamatan Sinunukan dan Kec.Batahan, serta Kec.Muara Batang Gadis, kenapa dibiarkan warga miskin antara berobat dan tidak berobat,” ujar Aktivis Sosial Kab.Madina Iskandar Hasibuan,SE kepada sejumlah Wartawan, Jumat(13-9) di Halaman Mesjid Nur Ala Nur Aek Godang Panyabungan, terkait warga yang terkena gisi buruk.

            Selain itu, saya sangat menyesalkan sikap Kepala Desa, bukan saja di Desa Sasaran, juga Desa lainnya seperti di Desa Bange Nauli, Desa Malintang Julu Kecamatan Bukit Malintang, yang sedikitpun tidak merasa malu di daerahnya ada warganya sakit dibiarkan berobat seadaanya disebabkan ketiadaan biaya atau karena warga miskin.

            Mungkin Kades nggak tau..? Bodoh itu Kades seperti itu, begitu juga dengan Bidan-Bidan desa yang digaji atau dibayar honornya dan bahkan sudah menjadi CPNS juga sangat kita sesalkan tidak membuat laporan agar warga miskin seperti di Desa Sasaran Kec.Natal dan Desa Bange Nauli Kecamatan Bukit Malintang, bisa cepat berobat.

            Selain itu, meminta DPRD agar segera memanggil seluruh perusahaan yang menanamkan modalnya di Bumi Gordang Sambilan, untuk dilakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait CSR maupun perhatian setiap perusahaan terhadap warga miskin khususnya warga miskin yang sakit, jangan pula terlalu mengandalkan BPJS, BPJS itu hanya mampu membiaya obat, bagaimana hidup keluarga yang menjaga si sakit, harus juga dipikirkan.

            “ Wajib bagi perusahaan membantu warga miskin yang sakit, buat apa banyak-banyak perusahaan di Mandailing natal, kalau hanya untuk kepentingan mereka saja, semua perusahaan harus memperhatikan masyarakat sekitarnya, khususnya warga miskin, jangan mengaku bagi-bagi CSR, tapi nyatanya warga miskin di Desa Sasaran itu dibiarkan, sesuai berita yang masuk ke WhatsApp saya siang tadi,” ujar Iskandar Hasibuan dengan tegas ( Ns/Put/Edi)

 

Liputan : Nanda Sukirno/edi syaputra

Admin    : Siti Putriani

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.