IPK dan Ormas Turun Tangan, Pasien Gizi Buruk Dirawat di RSUD Panyabungan

Camat Natal Riplan Nasution ketika di RSU Husni Thamrin Natal

PANYABUNGAN(Malintangpos Online):” Setelah Viral di Media Sosial/Online,” Waldi Rahmat Sutra, anak dari Keluarga Miskin pasangan dari Wati (45 ) dan Khaidir (50 ) Warga Desa Sasaran Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal, setelah beritanya Viral di Media Sosial(Medsos) ataupun Online, akhirnya dirujuk ke RSUD Panyabungan untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik dari sebelumnya.

            Pasien Gizi buruk dari Desa Sasaran Kecamatan Natal, sejak sore tadi beritanya Viral dan sejumlah Organisasi Kepemudaan di Kecamatan Natal, antara lain IPK (Ikatan Pemuda Karya)  Kecamatan Natal, bersama pihak medis melakukan pengawalan bersama petugas medis dari RSUD Husni Thamrin Natal dan disambut Ketua IPK Kota Panyabungan dan Pengurus LIRa di RSUD Panyabungan.

            Informasi yang diperoleh Malintangpos Online dari Camat Natal Riplan Nasution Via WhatsApp dari Natal, Jumat malam(13-9) mengutarakan bahwa Waldi Rahmat Sutra warga Desa Sasaran yang dilaporkan Kades ke kita,terus kita tindak lanjuti membawanya ke RSU Husni Thamrin Natal, untuk mendapat perobatan.

IPK dan Pasien Kurang gizi/Nanda Sukirmo

“ Itu kita yang membawanya ke RS Natal, dan kita juga sudah beri Susu, serta kades sudah mempasilitasi untuk  kebutuhan keluarga dirumah sakit dibantu oleh masyarakat Desa Sasaran,

Jadi ini temuan kita dari pemerintah dan kita bawa ke RS Natal,” ujar Camat Natal Riplan Nasution yang di sampaikan Via WhatsApp dari Natal.

            Kata Riplan, Pasien ini juga sudah ditangani jauh jauh hari oleh Puskesmas melalui bidan desa namun belakangan kambuh kembali,tapi  saya sudah marah besar ke Kapus Sikara kara mengapa ini tak tuntas di obati.

            Kata Camat, pihaknya telah mencoba konsultasi dengan pihak Puskesmas Sikara-kara dan makanya saya heran kenapa ngak berobat terus, memang sekarang ini Puskesmas sedang giat menyusun agar Puskesmas dapat Akreditasi, sebab untuk kepentingan kami juga di Kecamatan Natal sangat membutuhkan sarana kesehatan.

Kadis Kesehatan Madina dan Dir.RSU Husni Thamrin turun langsung/Nanda Sukirno

Bagaimana dengan anggaran Puskesmas..? harusnya menjawab ini pihak dari lingkaran Puskesmas, namun diharapkan pihak  pihak-pihak terkait dapat melakukan evaluasi terkait dengan lingkaran kesehatan diwilayah Kecamatan Natal, ujar Camat Natal Riplan Nasution.

            Sementara itu, Direktur RSU Husni Thamrin Natal dr.Faizal yang dihubungi juga Via WhatsAppnya, mengutarakan untuk kelanjutan pemeriksaan kesehatan pasien sebaiknya memang harus dibawa ke RSUD Panyabungan, sebab di RSU Natal masih belum lengkap alat-alatnya.

            “ Sore ini pasien sudah di rujuk ke RSUD Panyabungan, dengan melibatkan keluarganya, serta dibawa pengawalan dari IPK (Ikatan Pemuda Karya) dan sudah diberangkatkan dari RSU Husni Thamrin Natal, menuju RSUD Panbyabungan,” ujar dr.Faizal

            Pantauan Wartawan di RSUD Panyabungan, sejumlah Pengurus IPK  Natal dan IPK Madina, Pengurus LIRa Madina serta Ormas lainnya, bersama-sama dengan pihak medis RSU Husni Thamrin Natal, mengawal Pasien Gizi Buruk di RSUD Panyabungan, untuk mendapatkan perawatan ( Ns/Put/Edi)

 

Liputan : Nanda Sukirno

Admin   : Siti Putriani

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.