Karena Tidak Ada Tanggapan, LSM dan Warga Laporkan 5 Kades di Bukit Malintang

Jalan ke Saba Olbung DD Tahun 2018 yang sudah rusak/ Facebook Dedimulia

BUKIT MALINTANG(Malintangpos Online):” Bukan Satu Jalan ke Roma,” Pribahasa itulah kemungkinan yang dipakai oleh warga Desa Malintang Julu, Desa Malintang Jae, Desa Malintang, Desa Lambou Darul Ihsan, Desa Bange Kecamatan Bukit Malintang Kabupaten Mandailing Natal, yang terpaksa melaporkan pelaksanaan Dana Desa(DD) tahun 2018 ke Kejatisu dan Polda Sumatera Utara, melalui surat yang di Kuasakan Warga ke LSM(Lembaga Swadaya Masyarakat).

            Kenapa rupanya..? anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2018 yang diperuntukkan untuk membuat Jalan Rabat Beton ke Jalan Saba Olbung, dengan anggaran Dana Desa (DD) sebanyak Lima(5) tersebut diatas, kondisinya sudah Porak-Poran dan terkesan anggaran Mark Up dan juga kualitas jalan yang dibangun diperkirakan asal-asalan.

            “ Kami telah menerima Kuasa dari Lima(5) warga yang peduli dengan pembangunan Jalan ke Saba Olbung, semua sejak mulai dikerjakan sampai selesai dan kondisi rusak sekarang telah kami kumpulkan data-datanya dan dalam waktu dekat akan diantar langsung suratnya ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dan Polda Sumut, untuk mendapat tanggapan,” ujar Ketua LSM.Merpati Putih Tabagsel Khairunnisyah kepada Malintangpos Online, Minggu pagi (6-10) di Pasar Baru Malintang Kec.Bukit Malintang.

Jalan Saba Olbung DD Tahun 2018 yang sudah rusak/ Dedimulia

Kata Khairunnisyah, pihaknya selaku LSM dan juga pengakuan warga Lima(5) desa yang merasa peduli dengan pembangunan Jalan Saba Olbung, sejak dimulainya pekerjaannya telah melaporkan ke Inspektorat maupun Kejaksaan, tetapi sama sekali tidak ada tanggapan, apakah memang Inspektorat ataupun Kejaksaan Negeri Madina takut sama Kades kurang diketahui, atau memang pihak Inspektorat yang main mata, juga tidak diketahui.

            Padahal, jangankan Inspektorat, masyarakat desa yang lalu lalang di jalan itu jelas-jelas mengetahui bahwa pembangunan Jalan yang dananya dari patungan Lima(5) desa di Dana Desa tahun 2018 mengetahui bahwa proyek Dana Desa itu memang kualitasnya sangat-sangat Bobrok dan terkesan asal-asalan, tetapi lolos dari pengawasan Inspektorat, itukan aneh namanya itu.

            Karena itu, adanya desakan warga kepada kita sebagai LSM yang telah menerima Kuasa, memutuskan membawa keluhan masyarakat lima(5) desa ke Kejatisu dan Polda Sumut di Medan, sebab kalau di Mandailing Natal, sama sekali tidak ditanggapi, dengan alasan yang memang tidak diketahui sama sekali.

            Sekretaris LSM.Genta Madina Chandra Siregar ditempat yang sama, mengatakan bahwa ada beberapa Kepala Desa(Kades) sempat mengatakan “ Ngak Ditanggapi Itu Pengaduan Warga “ dan tentu dapat dipastikan antara Kades, Camat, Inspektorat dimungkinkan telah kerja sama dengan Kejaksaan maupun Polisi, sebab jelas-jelas proyek Dana Desa(DD) bobrok sama sekali tidak ada tanggapan terkait pengaduan warga.

            “ Kita menyurati Kejatisu dan Kapolda Sumut, agar menurunkan Tim Tipikor Polda Sumut maupun Kejaksaan untuk melakukan penyelidikan terhadap pelaksanaan Dana Desa Tahun 2018 yang dialokasikan Lima(5) Kades di Kecamatan Bukit Malintang,untuk pembangunan Jalan Saba Olbung yang kondisinya telah rusak sekarang ini,” ujar Chandra Siregar ( Tim/red)

 

Liputan : Tim Redaksi Malintang Pos Group

Admin   : Siti

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.