Menjelang HUT ke-20 Kab.Madina (1), Kebersihan Kota Panyabungan Tanggung Jawab Bersama


Bak Sampah bisa memancing Tumpukan Sampah./Siti Putriani Lubis

PERSOALAN  Kebersihan Kota Panyabungan sebagai Ibukota dari Kabupaten Mandailing Natal, sampai Februari 2019 di menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 nya harus kita akui bersama kelihatannya belum bisa diatasi baik oleh Kades/Lurah, Camat dan lebih-lebih Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sebagai pihak yang paling bertanggung jawab, sekalipun sebenarnya persoalan kebersihan adalah tanggung jawab oleh seluruh elemen masyarakat.

            Kenapa begitu..? tentu itu semua terpulang kepada “Niat” dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bukan Bupati/Wakil Bupati Madina ia, sebab Bupati kita ketahui telah memberikan amanah kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup maupun stafnya untuk mengurusinya, kalau soal tehnik atau juklak dan jukni untuk menjadikan Kota Panyabungan menjadi bersih adalah tinggal kemampuan Kepala Dinas sebagai Menegernya.

            Untuk kita ingat bersama, bahwa ada beberapa contoh yang bisa mengatasi tumpukan sampah dari Kota Panyabungan, bukan harus mempunyai dana yang besar dan menambah armada pengangkut sampah sebanyak-banyaknya, misalnya seperti yang dibuat oleh Bupati di depan SMA Negeri 1 Panyabungan, bukankah sudah tidak ada lagi tumpukan sampah di daerah itu..? kenapa pihak Dinas Lingkungan Hidup tidak membuat seperti itu.

            Apa karena anggaran tidak ada, tentu tidak juga, karena pihak SD Negeri 083 Pidoli di Jalan Lintas Sumatera juga bisa membuat seperti yang dibuat Bupati di depan SMA Negeri 1 Panyabungan, hanya saja pihak SD Negeri 083 hanya membuat Tanaman Bunga di dalam Pot, lalu kenapa pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Pertamanan tidak membuat seperti itu..? lagi-lagi niat dari pejabat yang telah di amanahkan Bupati tidak mempunyai niatan yang baik.

Mesin Pengolah Sampah Mubazir di Panyabungan Barat/ Dokumen

Oleh karena itu, momen HUT ke- 20 yang tidak lama lagi, ada baiknya Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR Madina Cq. Bidang Pertamanan, Camat Panyabungan, Kades/Lurah se Kota Panyabungan melakukan musyawarah untuk membuat Lomba Kebersihan dengan mengambil lokasi di sepanjang Jalan yang ada di Kota Panyabungan untuk dijadikan Taman baik oleh SD, SLTP,SMA/SMK/MA serta instansi terkait maupun OKP/KNPI serta Ormas dengan rentang waktu sampai tanggal 7 Maret 2019 dan di umumkan hasilnya di acara HUT ke-20 Madina nantinya.

            Apa mungkin..? kenapa tidak, tentu semua itu tergantung niat dari seluruh pelaksana atau Panitia HUT ke-20 Mandailing Natal, sebab untuk apalah kita melakukan kegiatan-kegiatan yang maknanya tidak ada, tapi kalau Panitia khususnya pihak Dinas Lingkungan Hidup serta instansi lainnya ingin menjadikan Kota Panyabungan Bersih, yakinlah anggarannya tidak besar, sebab masing-masing pihak yang ikut lomba nantinya mengambil lokasi yang ada di Kota Panyabungan ( Bersambung Terus)

 

 

 

 

Admin : Siti Putriani Lubis

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: