Pengawasan Dana Desa Minim, Warga Kec.Linggabayu Datangi Kantor Malintang Pos

Kantor Malintang Pos

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): “ Bukan Satu Jalan ke Roma,” Pribahasa itulah yang mungkin cocok disampaikan kepada 15 orang warga Kecamatan Linggabayu Kabupaten Mandailing Natal, Sabtu malam(5-10) mendatangi Kantor Redaksi Malintang Pos Group di Jalan Willem Iskander Dalan Lidang Panyabungan, untuk menyampaikan protes terkait pelaksanaan Dana Desa (DD) di kecamatan tersebut.

            “ Sudah Lima(5) tahun Pemerintah Pusat melalui APBN menggelontorkan Dana Desa(DD) ke Kecamatan Linggabayu, tetapi manfaatnya hanya sebatas Pembangunan Jalan Rabat Beton yang anggarannya diduga Mark Up dan juga pengawasannya sangat minim sekali, walaupun sudah banyak masyarakat yang melaporkannya,” ujar Khoiriah Hafni Nasution Wakil Ketua LSM.Merpati Putih Tabagsel sebagai jurubicara dari 15 orang warga Kecamatan Linggabayu yang mendatangi Kantor Redaksi Malintang Pos, Sabtu malam (5-10).

            Kata Khoiriah, bahwa satu tahun yang lalu warga Desa Lancat telah melaporkan pelaksanaan Dana Desa (DD) ke Inspektorat dan Kejaksaan Negeri Mandailing Natal, karena selain DD desa itu tidak jelas dikemanakan, juga jabatan Kepala Desa sampai sekarang masih dijabat oleh Aparatur Sipil Negera sebagai Pelaksana.

            Begitu juga dengan desa-desa lainnya, anggaran fisik dari setiap tahunnya program Dana Desa(DD) selain musyawarahnya tidak melibatkan BPD, walaupun tidak seluruhnya, namun mayoritas desa yang ada di Kecamatan Linggabayu, musyawarah desa nya tidak melibatkan semua pihak yang mempunyai hal di desa, hanya Kades dan pihak kecamatan yang menuntaskannya, sehingga semua kegiatan terkesan Mark Up.

            “ Warga Desa Aek Garingging, Desa Aek Manyuruk, Desa Bandar Limabung, Desa Boncabayuon, Desa Dalan Lidang, Desa Kampung Baru, Desa Lancat, Desa Lobung, Desa Padang Silojongan, Desa Pangkalan, Desa Parbatasan, Desa Perk. Simpang Gambir, Desa Sikumbu, Desa Simpang Bajole, Desa Simpang Duku, Desa Simpang Koje, Desa Tangsi Atas telah memberikan Kuasa kepada kami LSM. Merpati Putih Tabagsel,” ujar Wakil Ketua LSM.Merpati Putih Tabagsel Khoiriah Hafni Nasution.

            Karena itu, katanya, pelaksanaan Dana Desa di Kecamatan Linggabayu sangat diharapkan agar Polisi dan Jaksa segera memanggil seluruh Kepala Desa untuk dimintai keterangan dan tanggung jawab terhadap Dana Desa tahun 2015-2019 sekarang, sebab sampai sekarang ini masyarakat terus protes disebabkan Kades tidak transfaran mengelolanya.

            Pimpinan Redaksi Malintang Pos Group Iskandar Hasibuan, dalam kesempatan itu, mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang telah mau berkunjung ke Redsaksi, sebab kedatangan warga merupakan beban yang harus ditanggung jawabi.

            “ ASpirasi warga akan kami sampaikan terus melalui Malintang Pos Group, serta akan turun langsung ke Desa-Desa nantinya, serta membuat tulisan secara langsung baik di Online maupun di Koran nantinya,” ujar Iskandar Hasibuan dan wargapun bubar dengan tertib ( Red)

 

 

Admin : Mahmuddin

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.