Prestasi Hingga Tingkat Nasional, Pelantikan Siswa SMAN 2 Plus Panyabungan Disaksikan Gubsu

Gubsu didampingi Prof. Zulkarnaen dan Kasek SMA Negeri 2 Plus Panyabungan

PANYABUNGAN(Malintang Pos): “ Berbahagialah Mereka,” Kalimat itulah yang cocok mungkin disampaikan kepada 180 Siswa SMA Negeri 2 Plus Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal, yang dilantik langsung Ketua Pembina Yayasan Na Bisuk Ny.Hj.Nawal Lubis,SE dan disaksikan langsung Gubsu Edy Rahmayadi dan sejumlah pejabat lainnya, Jumat pagi (6-9).

            “ Orang Mandailing Cerdas dan tegas, kalau sudah di atas lupa di bawah itu ciri khas Mandailing Natal, bersyukurlah kau kepada Ku, Niscaya akan Kulipat gandakan apa yang telah ku berikan kepadamu,tapi jika kau tak bersyukur tunggulah azabqu,” ujar Gubsu Edy Rahmayadi mengawali sambutannya pada acara Pelantikan 180 Siswa SMA Negeri 2 Plus Panyabungan, Jumat(6-9) pagi di Komplek sekolah itu.

Gubsu Edy Rahmayadi memberikan Motifasi kepada siswa

Kata Gubsu, Inplementasi dari syukur ini adalah anak-anak kita, Sumatera Utara ini, masa depannya di pundak-pundak mereka ini, di negara Jepang, Jerman, London Korea begitu bebas dan nyamannya menuntut ilmu  sehingga negara mereka seperti itu majunya.

Dikatakanya,  yang ingin saya katakan SMA unggulan aja seperti ini, gimana kalau tidak unggulan, jadi jika Kepala Dinas sudah berani menamai ini SMA Unggulan, harus seperti bapak TB Silalahi, beliau memanggagil guru English dari London langsung, mau unggulan-unggulan pun ditulis disini besar-besar, kalau kualitas gurunya buruk tidak ketemu kita itu nanti.

Kata Gubsu,Kalau anak-anak ini  masih disuapi ilmu ini, untuk itu pak Prof  jangan pernah berhenti dan terus bimbing dan lakukan sama-sama, dan saya minta kepada ibu Kepala Sekolah seleksi benar-benar, hitam putih bukan saya mengabaikan orang-orang yang tidak lulus kuliah, ini namanya sekolah unggulan yang masuk harus prioritas, orang-orang yang diberikan talenta oleh Tuhan.

Kepala SMAN 2 Plus Panyabungan Dra.Hj.Suaidah Lubis,MM

“ Saya minta kepala dinas saya rayon tidak zonasi, sampai di panggil oleh menteri kepala dinas saya ,saya minta 10%, seluruh Indonesia yang boleh tes tidak zonasi itu hanya Sumatera Utara, dari 33 Kabupaten Kota ada 20 Kabupaten yang tak dapat nilainya dan tidak lulus, anak SMA yang tidak lulus saya minta 60 itu, juga tidak lulus.

Dikatakan Gubsu,SMA 1 Medan saya minta tesnya ,dia lulus 41 orang tapi 29 orang, itu dari kampung sana, dari pedalaman-pedalaman semua dan online, ada protes kepala dinas, itu anak ini,ini dan ini, agamanya ini, bukan ini, saya tidak cerita agama,  saya hanya cerita kualitas.

Sebelumnya, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Plus Panyabungan, Dra. Hj Suaidah Lubis,MM dalam laporannya kepada Gubernur, menyampaikan bahwa pelaksanaan penerimaan siswa siswi baru angkatan 2019-2020 dilakukan secara mandiri.

“ Jumlah Siswa yang mendaftar sebanyak 400 orang tahun ajaran 2019-2020 dan siswa yang di nyatakan lulus sebanyak 180 orang ,setelah dilakukan seleksi diantaranya test potensi akademik dan pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang bekerjasama dengan Koramil 13 Panyabungan selama 3 hari mulai tanggal 15-17 Juli 2019,” ujar Hj.Suaidah Lubis yang mendapat aplus dari yang hadir.

Kata Kasek,  siswa tamatan SMA N 2 Plus Panyabungan yang masuk ke Perguruan Tinggi Negeri tahun 2019 sebanyak 120 orang dari 134 orang, atau setara dengan 89,5% di berbagai perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia.

Gubsu dan Kadis Pendidikan Sumut, Sekdakab dan Kasek

Diantaranya, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Surabaya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Sumatera Utara, Universitas Andalas, Universitas Syah Kuala, Universitas Sriwijaya, Universitas Jambi, Universitas Samudera, Universitas Malikussaleh, UIN Syarif Hidayatulloh, Sekolah Kedinasan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta dan lain sebagainya.

Sementara itu, prestasi yang di peroleh SMA Negeri  2 Plus Panyabungan , 3 tahun terakhir untuk tingkat nasional adalah, lomba cerdas cermat 4 pilar berbangsa dan bernegara di Jakarta, Lomba debat PAI pada pentas seni PAI nasional di Jakarta dengan meraih medali perak, lomba Kriya pada FLS2N di Palembang, duta pertukaran pelajar siswa mengenal nusantara ke Mamuju Sulawesi Barat tahun 2017 dan Palu Sulawesi Tengah tahun 2019, lomba debat PAI pada pentas PAI nasional di Makassar dan menjadi pemenang kegiatan FLS2P untuk bidang perlombaan desain poster putra juara 1, desain poster putri juara 1, lomba seni Kriya juara 1 untuk tingkat provinsi dan mengikuti perlombaan berikutnya untuk tingkat nasional di Bandar Lampung Oktober mendatang. Ujar Hj.Suaidah Lubis yang mendapat aplus dari peserta yang hadir.

Harapan Gubsu Edy Rahmayadi

Usai Cara Pelantikan, Gubernur Sumatera Utara (Sumut), H. Edy Rahmayadi mengharapkan agar para pendidik dalam hal ini guru jangan hanya memberikan ilmu kepada pelajar, tetapi juga harus menanamkan budi pekerti.

Harapan itu disampaikan Gubsu  Edy Rahmayadi didampingi Mudir Musthafawiyah Purba Baru, H Mustafa Bakri Nasution kepada Wartawan  usai menghadiri pelantikan 180 siswa SMA 2 Plus Panyabungan, Jum’at (6/9).

Harapan tersebut beliau utarakan mengingat di zaman sekarang banyak siswa pelajar yang berkelakuan diluar dari kapasitas atau kewajarannya sebagai pelajar yang harus menuntut ilmu di sekolah dan di emplementasikan diluar sekolah.

“murid atau siswa kita, untuk mendapatkan budi pekerti, itu yang pertama harus didapatkan dari guru selaku tenaga pendidik yang mentransfer ilmu yang tepat sasaran dengan penuh kasih sayang ini yang penting”.ungkapnya

Lalu, yang berikutnya sambung mantan Pangkostrad tersebut telenta si murid itu, apabila ilmu, budi pekerti dan talenta ini bisa bersatu. Maka saya yakin, bangsa ini akan penuh dengan kemampuan, baik itu potensi wilayahnya, potensi geografis dan demografinya.

“intinya saya yakin, apabila kita menghasilkan siswa atau murid-murid yang mempunyai budi pekerti, kedepan dalam membangun bangsa ini, kita akan mendapat ridho Tuhan. Dan sebaliknya, apabila kita membangun tanpa budi pekerti, maka kita adalah zolim”.tegasnya.

Pantauan Malintang Pos, Pelaksanaan pelantikan 180 siswa baru ini dihadiri Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi, Ketua Pembina Yayasan Na Bisuk, Ny Nawal Edy Rahmayadi, Prof. Zulkarnaen Lubis, Kadisdik Sumut, Arsyad Lubis, Kapolres Madina, AKBP. Irsan Sinuhaji, Sik, MH, Kadis PMD Sumut, Aspan Sofian Batubara, Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis, Sekdakab Madina Sahnan Batubawa mewakili Bupati Madina, Ketua TP PKK Madina, Ny Ika Desika Dahlan Hasan, Kadisdik Madina, Jamilah, alim ulama, Forkopimda, Orang tua Siswa dan para siswa yang akan dilantik.

Usai acara pelantikan Gubsu Edy Rahmayadi beserta rombongan langsung bertolak menuju Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru di Kecamatan Lembah Sorik Merapi, untuk melaksanakan Sholat Jumat ( ND/SN/Red)

 

 

Liputan : Nanda Sukirno dan Suaib Nasution

Admin  : Siti Putriani Lubis

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.