Sekitar Mangrove, Edisi Terbaru, Bupati Madina Surati PT.TBS, Protes Muncul

Aksi Karyawan PT.TBS muncul/ Facebook Mhd.Efendi Pulungan

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): “ Janji Adalah Utang dan Harus Ditepati,” Kalimat itulah kemungkinan yang di ingat oleh Drs.H.Dahlan Hasan Nasution selaku Bupati Madina,yang menjanjinkan akan menurunkan Tim ke Pantai Barat untuk melihat langsung kerusakan Mangrove, atas izin yang dipegang oleh PT.TBS, yang sampai sekarang protes baik dari yang pro maupun kontra dari perusahaan perkebunan sawit itu.

Bupati Madina melalui Suratnya No : 503/244/DPMPPTSP/2019 tanggal 09 Agustus 2019 ditujukan kepada Direktur PT. Tri Bahtera Srikandi. Perihal “ Himbauan “ yang isinya Mencermati keberatan para pihak yang mensinyalir terjadinya pengrusakan terhadap hutan Mangrove (Hutan Bakau) oleh perusahaan yang saudara pimpin (PT.TBS Red).

Berhubung karena Pemerintah Mandailing Natal, bersama Kepala Dinas yang terkait mengikuti rap[at di Madiun, sesuai dengan surat Kementerian Perekonomian RI No.IPW-441/SES.M.EKON/.08/2019 tanggal 4 Agustus, perihal Undangan Fokucus Group Discusion (FGD), mengenai Pengembangan Holtikultura, untuk peningkatan Eksport dan Ekonomi daerah.

 

bupati-madina

Berikut ini kamisampaikan, kepada saudara beberapa hal sebagai berikut : 1. Diminta agar saudara sementara waktu untuk menghentikan aktipitas dilokasi yang dipermasalhkan atau diluar izin yang diberikan. 2. Setelah kami kembali dari Madiun, Tim Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, akan turun langsung ke lokasi untuk mengindintifikasi seluruh permasalahan dan surat ditembuskan Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan, Menteri ATR/Kepala BPN di Jakarta dan Gubernur Sumut di Medan.

Sementara itu, hingga Rabu siang (14-08) masyarakat Pantai Barat, serta berbagai elemen masyarakat lainnya di Panyabungan dan juga di Jakarta, memunculkan pendapat yang pro dan kontra terhadap kehadiran PT.TBS, sehingga kalau saja pihak Kepolisian, khususnya Kapolres Mandailing Natal, tidak melakukan pengamanan, di khawatirkan menimbulkan masalah.

“ Yang Pro dengan PT.TBS baik melalkui aksi-aksi gelar spanduk telah melakukan aksi, dengan memajang kecaman kepada pihak yang protes terhadap PT.TBS, sementara yang kontra terus mengeluarkan komentar dan stetmen yang menuding PT.TBS dan Pemda Madina, terlalu gegabah mengeluarkan izin,” ujar Faridah Hannum Nasution,S.Sos Via selular dari Jakarta, Rabu(14-8) menanggapi persoalan PT.TBS dan Surat Bupati Madina.

 

Protes IKAPERTA terkait kehadiran PT.TBS mengelola Mangrove

Terus terang, ujarnya, langkah Bupati Madina mengeluarkan surat ke PT.TBS adalah bentuk kepedulian yang tinggi, karena banyaknya protes, langsung Bupati mengambil sikap, tentu semua itu berpulang kepada masyarakat, makanya kita harapkan masyarakat jangan mengeluarkan stetmen yang bisa memancing keributan, serahkan sepenuhnya kepada pemerintah untuk kembali meninjau kebijakannya yang kurang baik terhadap masyarakat.

Sedangkan Aktivis Lingkungan yang juga Ketua LSM.Merpati Putih Tabagsel Khairunbnisyah kepada Malintangpos Online, Rabu(14-8) di Halaman DPRD Madina, menyesalkan sikap DPRD Madina yang kurang tanggap dan mengerti terhadap kerusakan Hutan Mangrove(Bakau) diwilayah Sikara-kara Natal ataupun sekitarnya.

 

Kondisi Pantai Natal setelah Mangrove dibabat/Dokumen

Kenapa begitu..? rasanya ngak masuk akal anggota DPRD Madina dari wilayah tersebut tidak mengetahui keluh kesah masyarakat yang pro dan kontra, apa salahnya DPRD memanggil PT.TBS dan masyarakat yang pro dan kontra, sebab kita juga butuh Investor, tetapi Investor yang memahami kondisi masyarakat sekitar.

“ Kepentingan Itu Perlu Sekali,” ujar Khairunnisyah, tetapi lebih penting kepentingan masyarakat banyak, jangan karena ada oknum atau orang per orang yang kebagian reseki dari kerusakan Mangrove, lalu menuduh orang yang macam-macam, seolah-olah semua orang salah dimatanya, itu tidak boleh, terima kasih kepada Bupati yang telah mulai respon dengan keluhan dan jeritan masyarajkat,” katanya ( Tim)

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.