Sungai Batang Natal Hantam Beberapa Beram Jalan

Bekas longsor dan tiang PLN yang roboh akibat luapan Sungai Batang Natal pekan lalu di Kelurahan Muara Soma

BATANG NATAL (Malintang Pos) : Akibat hujan deras pada minggu lalu sungai Batang Natal meluap dan sungi tersebut mengancam beberpa rumah warga. Seperti di Desa Aek Nangali, Desa Bangkelang dan beberapa desa lainnya begitu juga dengan beberapa beram jalan banyak yang ambruk dan sangat butuh perhatian serius dari dinas jalan dan jembatan Provinsi Sumatera Utara.

Seperti beram jalan di Desa Aek Nangali, Kase Rao-Rao dan di Kelurahan Muara Soma Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal. Yang paling memprihatinkan beran jalan di Kelurahan Maura Soma, runtuhnya beram jalan tersebut diduga akibat pemasangan baronjong yang memperkecil bantaran sungai, sehingga beram jalan longsor ditambah lagi tiga tiang PLN roboh.

Menurut keterangan beberapa warga kepada Malintang Pos selama ini beram jalan tersebut tidak pernah terganggu walaupun sungai meluap.

“Jadi, di duga longsornya berem jalan tersebut terjadi akibat pemasangan beronjong yang menyebabkan Daerah Aliran Sungai (DAS) mengecil,” ujar salah seorang warga di Desa tersbut.

Harusnya dinas manapun yang membangun baronjong tersebut maunya punya hitung-hitungan apakah bangunan tersebut menguntungkan atau merugikan.

“Seharusnya sebelum dilaksanakan pembangunan bronjong di DAS tersebut dinas terkait terlebih dahulu mempertimbangkan penyempitan DAS tersebut,” katanya. (Tim)

Komentar

Komentar Anda

About admin4mp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: