Tanam Padi Serentak Jajar Legowo 21 di Simpang Tolang Julu

padi

KOTANOPAN ( Malintang Pos Online) : Dinas Pertanian Kab. Mandailing Natal bekerja sama dengan PPL dan Kelompok Tani Kembang desa Simpang Tolang Julu Kec. Kotanopan Kab. Mandailing Natal melaksanakan tanam padi serentak Jajar Legowo 21, Minggu (25/12).

Hadir dalam kegiatan ini Kepala UPT. Dinas Pertanian Kotanopan Mulyadi, Babinsa desa Simpang Tolang Julu  Sertu Abdul Rahman, Kepala Desa Simpang Tolang Julu Abu Hasan, Ketua Kempok Tani Kembang, M. Yaser beserta anggota kelompok tani lainnya dan PPL Simpang Tolang Julu Arya Beni Daulay.

Kepala UPT. Dinas Pertanian Kotanopan dalam kesempatan itu menyampaikan, tahun 2016 ini Dinas Pertanian Madina melaksanakan kerja sama dengan kelompok tani Kembang desa Simpang Tolang Julu menerapkan tanam Jajar Legowo 21. Rencananya, jenis padi ini akan di tanam di atas lahan 25 Ha milik kelompok tani. Sedangkan demplot atau percontohan di buat 1 Ha.

Dikatakannya, secara umum Jajar Legowo adalah suatu sistem penanaman padi dengan cara mengatur jarak tanam. Penerapan Jajar Legowo  ini bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi padi. Penanam padi dengan sistem ini terbukti berhasil meningkatkan hasil padi dibandingkan dengan penggunaan sistem tradisional.

Kelebihan sistem ini adalah jumlah populasi tanaman meningkat, memudahkan perawatan dan pemeliharaan, menekan serangan hama dan penyakit, menghemat biaya pemupukan dan meningkatkan produksi dan kwalitas gabah.

Sedangkan PPL desa Simpang Tolang Julu, Arya Beni Daulay yang dijumpai mengatakan, sistem ini adalah  meningkatkan produksi dengan cara pengolahan secara insentifikasi dengan beberapa paket tekhnologi. Mulai dari perlakuan benih, penanaman, pemupukan, pengendalian hama, bahkan sampai panen.

“Jadi kita mengadakan, demplot 1 Ha. Kita berharap demplot ini nanti dapat ditiru anggota kelompok tani lain untuk diterapkan di lahan masing-masing. Agar demplot ini berhasil, kita juga berharap ada perhatian dari instansi terkait berupa kucuran dana perawatan. Jangan hanya benih saja diberikan seperti ini, sedangkan perawatan belum tahu kita dari mana,” ujarnya.

Kepala Desa Simpang Tolang Julu, Abu Hasan mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pertanian yang telah menjadikan daerahnya tempat penanaman jajar Legowo ini. Kita juga berterimakasih atas kerja sama Muspika PPL serta kelompok tani lainnya.

Sedangkan Ketua Kelompok Tani Kembang desa Simpang Tola Julu mengharapkan kerja sama ini benar-benar bermamfaat bagi bagi anggota kelompok tani. Pihaknya juga berharap agar anggota kelompok tani tetap di dampingi dalam melaksanakan kegiatan ini. (Lkt)

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: