Terjadi di Tapsel, Dana Desa Padang Lancat Sisoma Sudah Tidak Cair

 

Kanan( Kades) dan warga

BATANG TORU(Malintangpos Online): “Malang Benar Nasib Masyarakat Desa itu,” Kata kata itulah yang cocok disampaikan kepada masyarakat Desa Padang Lancat Sisoma Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan, karena sejak adanya Dana Desa(DD) digulirkan pemerintah, pihak desa baru satu kali menerima Dana Desa(DD) di tahun 2015 yang lalu.

“ Bupati dan DPRD Tapsel kok diam dan membiarkan masalah ini sampai tiga(3) tahun anggaran tidak cair-cair, inima sudah tidak benar lagi, mungkin satu-satunya desa di Sumatera Utara yang seperti ini, harus segera dituntaskan ke  Jakarta, bila perlu langsung disampaikan ke Presiden RI Ir.Joko Widodo,” ujar Ketua LSM.Merpati Putih Tabagsel Khairunnisyah kepada Malintangpos Online, Minggu malam(16-12) di Batang Toru.

Kata dia, Desa Padang Lancat Sisoma, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan sudah 3 tahun berturut-turut tidak mendapatkan bantuan dana desa (DD)dari pusat.

Mirisnya, desa ini merupakan satu-satunya desa dari 212 jumlah desa di Kabupaten Tapsel hanya Desa yang satu inilah yang tidak mendapat alokasi dana desa.

“Mulai dari tahun 2016 sampai sekarang sudah ahir tahun 2018 tidak  mendapatkan dana desa, “kata Kepala Desa Padang Lancat Sisoma Marihot Anton Sihombing, kepada Media pada tanggal15 Desember 2018.

“Setelah kita tanya kepada Pemkab Tapsel melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  (PMD), katanya terjadi kesalahan administrasi kode desa di pusat.

Sementara yang membuat kode desa itu kan Pemkab sendiri. Sedangkan keterangan Kades kepada Awak Media bahwa Desa ini tidak pernah berubah status menjadi kelurahan dan tidak pernah dipimpin oleh LURAH” cetusnya.

“Dan saya sudah tiga kali memimpin desa ini, pertama saya jadi pelaksana kades. Dan setelah itu diadakan pilkades saya menang menjadi Kades piriode berikutnya juga masyarakat masih tetap memilih saya .Desa ini tidak pernah berubah status, dan kode desanya tetap itu saja dan tidak pernah berubah” ungkapnya.

” harapan kami kepada pemerintah KABUPATEN TAPANULI SELATAN  supaya desa kami ini sama dengan desa yang lain,dan tidak ada kesenjangan”  ujarnya.

Kadis PMD Tapsel , Yusuf Nasution ketika dikonfirmasi mengatakan, Pemkab tapsel sedang berkoordinasi Dengan Kementrian Dalam Negri untuk mengembalikan status desa tersebut.
” karna dipusat sudah terdaftar sebagai kelurahan. Justru itu kita harus mengevaluasinya kembali bagaimana supaya kembali ke status awalnya sebagai desa katanya (Hms).,

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: