Terkait DD Desa Kampung Sawah, Kades dan Mantan Kades Harus Segera Diperiksa Polisi

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Aktivis Sosial  Irwan Zuhaeri Parinduri,S.Sos dan Ketua LSM.Merpati Putih Tabagsel Khairunnisyah, mendesak Kapolsek Natal dan Kapolres Kabupaten Mandailing Natal, untuk segera menurunkan Tim Tipikor  Polres, untuk melakukan penyelidikan kepada Mantan Kades maupun Pj. Kades Kampung Sawah yang dinilai warga telah menyalahgunakan Dana Desa(DD) Tahun 2018.

Selain itu, mereka juga mendesak dan meminta DPRD Mandailing Natal, segera memanggil Kepala Desa dan Mantan Kades Kampung Sawah, BPD dan Camat Natal, serta Kadis PMD Madina Muhammad Ikbal ke DPRD untuk dilakukan kalrifikasi, apakah benar yang diadukan masyarakat kepada sejumlah LSM dan pihak penegak hukum lainnya.

“ Pj.Kades, BPB, Mantan Kades serta Camat Natal harus segera diperiksa Polisi, agar jelas seluruhnya, apakah benar DD Tahun 2018 khususnya Dana Pemberdayaan seperti yang dilansir Malintangpos Online  “BPD dan Warga Protes, DD Kampung Sawah Kec.Natal Tahun 2018 “ Lonyap “ (29-7) yang lalu,” ujar Aktivis Sosial Irwan Zuhaeri Parinduri,S.Sos kepada Malintangpos Online Rabu (31-7) di Halaman Mapolres Mandailing Natal.

Kata Irwan, terlepas benar atau tidak adanya DD Tahun 2018 di korupsikan Kepala Desa baik Mantan maupun Pj.Kades Kampung Sawah Kec.Natal, sebaiknya Inspektorat Madina, memberikan klarifikasinya, jangan akibat satu sama lainnya kurang akur, akhirnya program desa terbengkalai, Pj.Kades juga harus bicara dan memberikan penjelasan dan bukti kepada masyarakat agar tidak ada penilaian negative antara satu sama lainnya.

“ Baik BPD, Pj.Kades dan Camat Natal segera kalrifikasi, umumkan kepada masyarakat seluruhnya terkait Dana Desa (DD), Karena Presiden RI Ir.Joko Widodo melalui Menterinya telah mengatakan masyarakat berhak mengawasi penggunaan Dana Desa, kenapa disembungikan, buat Pengumuman besar-besar, kok takut Umumkan,” ujar Irwan dengan tegas.

Ketua LSM.Merpati Putih Tabagsel Khairunnisyah secara terpisah di Halaman Kantor Kejaksaan Negeri Kab.Madina, Rabu (31-7) mengatakan Pj.Kades sekarang jangan takut jika memang benar-benar telah mempergunakan Dana Desa(DD), apa yang ditakutkan, kalau soal ada berita di media adalah hal yang wajar, jika takut berarti ada indikasi korupsi dalam pengelolaannya.

Disampaikan Khairunnisyah, masyarakat mengadu kesana kemari tentu capek dan menimbulkan kerugian biaya , katakana sajalah ongkos-onkos, jika ingin warganya ngak protes, maka Kades harus teransparan dong, jangan hanya membilang kepada orang lain bahwa anda telah menggunakan DD dengan benar, tapi umumkan kepada masyarakat, agar tidak ada yang protes.

“ Sangat tepat sekali, jika memang Kapolres Mandailing Natal, melalui Kapolsek Natal bisa memanggil BPD,Pj. Kades, Mantan Kades Kampung Sawah terkait dengan pengaduan warga yang telah viral di Media Sosial,” ujarnya lagi. (Tha/Red)

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.