Wakil Bupati Ajak Masyarakat Tapsel Untuk Selalu Gemar Konsumsi Ikan

Wabup Tapsel H Aswin Efendi Siregar memberikan sambutan

TAPSEL (Malintangpos Online): Wakil Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Ir. H Aswin Efendi Siregar, MM yang mewakili Bupati mengajak masyarakat Tapsel untuk selalu gemar mengkonsumsi ikan. Hal itu disampaikannya pada saat membuka lomba masak serba ikan di aula pendopo rumah dinas Bupati Tapsel, Jalan Prof Lafran Pane, Sipirok, Senin (7/10).

            Bupati Tapsel yang diwakili Wabup Tapsel H Aswin Efendi Siregar dalam sambutannya menyampaikan, bahwasanya produksi ikan Tapsel memiliki kontribusi yang dominan terhadap produksi ikan air tawar di Sumatera Utara.

” Dari data statistik sampai bulan Juni 2019 menunjukkan bahwa Tapsel telah berhasil memproduksi ikan kurang lebih 3.864,04 Ton,” katanya.

Wakil Bupati juga menyampaikan bahwa dari segi perspektif kesehatan, ikan merupakan salah satu sumber protein bagi tubuh. Dengan demikian terkait dengan lomba masak serba ikan ini, bisa menyadari bahwa konsumsi sehari – hari masyarakat senantiasa dikaitkan dengan protein.

Ketua PKK Tapsel

” Berdasarkan hasil perhitungan statistik Tapsel telah mampu mencapai konsumsi ikan sebanyak  43,45 Kg/Kapita/Orang/Tahun. Selain sumber protein ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan,” jelasnya.

Aswin juga berharap dengan adanya kegiatan lomba masak serba ikan ini bisa memotivasi masyarakat khususnya yang berada di Tapsel, Agar terus meningkatkan konsumsi ikan dan menjadikannya sebagai menu sehari – hari.

” Untuk menjadikan ikan sebagai menu sehari – hari tentu dibutuhkan kreativitas dalam pengelolaannya. Agar ikan yang kita konsumsi lebih menarik dan dari pendekatan gizi setidaknya memenuhi standar dan norma angka kecukupan dan kehigienesannya,” ungkap Aswin.

Sedangkan dari Laporan Kadis Perikanan Kabupaten Tapanuli Selatan Lely Anita Lubis menyampaikan bahwasanya kegiatan ini berdasarkan Peraturan Daerah Tapsel No 4 tahun 2018 tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2018 tanggal 23 September 2018 dan surat Dinas Kelautan dan Perikan Provinsi Sumatera Utara No 5232:/1274/VIII/ 2019 tanggal 6 Agustus 2019 tentang lomba masak ikan.

” Tujuan dari lomba masak ikan ini ialah untuk meningkatkan keterampilan memasak dengan berbahan baku ikan. Juga memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat dengan memberikan inovasi masakan,” katanya.

Kadis Perikanan Lely Anita Lubis juga menjelaskan peserta lomba masak serba ikan diikuti oleh seluruh Tim PKK Kecamatan yang ada di Tapsel yang terdiri 15 Kecamatan.

“Peserta lomba yang mendapat juara umum, akan menjadi utusan Tapsel ke Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 5 November 2019, ” jelasnya.

Menu lomba serba ikan ini juga terdiri dari tiga jenis masak ikan. Yang pertama menu makanan keluarga yang berbahan baku ikan tenggiri, menu ikan untuk balita berbahan baku ikan yang berada di daerah masing – masing,  dan yang terakhir menu ikan untuk gudapan yang berbahan baku dari ikan yang berpotensi di masing – masing kecamatan.

“Dengan terselenggarannya acara ini bisa mendorong minat masyarakat untuk menciptakan menu – menu baru, sehingga minat masyarakat terhadap ikan terus meningkat,” ungkapnya.

Ketua TP. PKK Tapsel Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu dalam hal ini menjadi juri pada acara lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan.

Turut hadir Asisten, Kadis PP dan PA, Kadis Ketahanan Pangan,  Kadis Kesehatan, Ketua TP. PKK Tapsel, Wakil Ketua TP. PKK Tapsel, Camat se- Kabupaten Tapsel, Ketua TP. PKK Kecamatan se- Kabupaten Tapsel beserta pengurus PKK. Humas dan Protokol Tapsel. (Hms)

 

 

Admin : dina soekandar hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.