12 Ribu Warga Tapsel Telah Nikmati PLTMH

Bupati Tapanuli Selatan H Syahrul M Pasaribu SH saat meresmikan PLTMH berkapasitas 22 KW yang menerangi 122 KK di tiga Dusun

TAPANULI SELATAN (Malintangpos Online): Bupati Tapanuli Selatan H Syahrul M Pasaribu SH mengatakan,  sebanyak 12 ribu warga di Kabupaten Tapanuli Selatan telah menikmati penerangan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH).

Hal tersebut diungkapkan Syahrul saat meresmikan PLTMH berkapasitas 22 KW yang menerangi 122 KK di tiga Dusun yaitu,  Gunting Pege, Ramba Padang,  dan Dusun Huta Tonga di Desa Gorahut Kec. Aek Bilah,  Minggu (25/2).

Dengan demikian tercatat PLTMH di Tapsel saat ini berjumlah 19 unit, dimana satu hari sebelumnya Bupati juga telah meresmikan PLTMH berkapasitas 53 KW bersama Ketua Komisi VII DPR RI dan Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) di Desa Silangkitang Tambiski Kecamatan SD. Hole yang saat ini merupakan PLTMH dengan kapasitas yang terbesar di Tapsel.

Peresmian PLTMH berkapasitas 22 KW yang menerangi 122 KK

Syahrul menjelaskan, sumber air untuk PLTMH di Desa Gorahut tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman warga, untuk itu dia meminta seluruh warga Desa agar Kompak bersatu menjaga PLTMH tersebut
bisa digunakan selamanya, karena saat ini  PLTMH tersebut sudah menjadi milik kalian warga Desa Gorahut,”tuturnya.

Kemudian Bupati mengingatkan, karena air merupakan fungsi utama untuk menggerakkan PLTMH maka konsekuensinya hutan harus terus dipelihara agar debit airnya bisa terjaga secara terus menerus,  Dia juga meminta kepada seluruh warga Garoga agar menyusun organisasi dalam pengelolaan PLTMH tersebut agar pemeliharaan PLTMH bisa terus terjaga, “pungkasnya.

Hadir dalam peresmian tersebut, Ketua Komisi VII DPR RI H. Gus Irawan Pasaribu SE, Ak. MM, Wakil Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang,  Ketua TP PKK Tapsel Ny. Hj. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu,  Tokoh Masyarakat Aek Bilah Sutan Habonaran Dongoran, Pimpinan OPD, Camat dan Kepala Desa Aek Bilah dan mewakili Kepala Dinas ESDM Provinsi Sumatera Utara Paulus Rajagukguk.(HMS).

Admin: Siti Putriani

Komentar

Komentar Anda

About Siti putriani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.