12 Tahun Plasma Tidak Selesai, Warga Singkuang 1 Kec.MBG Demo di PT.Rendi Permata Raya

SINGKUANG(Malintangpos Online): ” Rakyat Menggugat,” Kalimat itulah mungkin yang ada dipikiran ratusan warga Desa Singkuang 1 Kecamatan Muara Batang Gadis( MBG) Kabupaten Mandailing Natal, yang melakukan Aksi Demo Ke – lokasi,Kebun PT.Rendi Permata Raya,Kamis(13/10) untuk menyampaikan aspirasi sekitar Plasma yang sudah 12 tahun belum terwujud.

” Aksi unjuk rasa /Demo, yang di lakukan masyarakat Singkuang I yg tergabung dalam KUD Hasil Sawit Bersama (HSB) pada hari ini Kamis,13 Okt 2021 di kebun PT.Rendi Permata Raya Desa Singkuang I Kec.Muara Batang Gadis adalah sebuah titik kulminasi atas kekecewaan masyarakat terhadap lambannya proses penyelesaian masalah plasma,” Ujar Teguh W Hasahatan Nasution,SH, Kamis(13/10) yang dikutif dari Akun Faceboknya.

Ketua DPC.PDIP Madina Teguh W Hasatan Nasution,SH

Disebutkannya, kekecewaan masyarakat Desa Singkuang I yg sdh hampir 12 Tahun, sehingga masyarakat memilih caranya sendiri untuk menyelesaikan persoalannya.

PT.Rendi Permata Raya ini tidak boleh di berikan toleransi lagi oleh Pemerintah.Ini adalah perusahaan bandel,mereka sengaja melupakan kewajibannya kepada masyarakat untuk memberikan plasma.

Pemerintah harus tegas,sebab sesuai dengan amanah UU No.39 Thn 2014 tentang Perkebunan,Peraturan Pemerintah No.26 Thn 2021 ttg Penyelenggaraan Bidang Pertanian, Peraturan Menteri Pertanian No.18 Thn 2021 tentang Menfasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat Sekitar

Dan Peraturan Menteri ATR/BPN No.18 Thn 2021 ttg Pengelolaan Hak Atas Tanah menyebutkan perusahaan perkebunan wajib mengeluarkan 20% dari luas izin yang di milikinya untuk kebun/plasma masyarakat

Dan kalau tak di tunaikan perusahaan bisa di kenakan denda dan bahkan pencabutan Izin Usaha Perkebunan.

Terkait dalam persoalan ini pemerintah tidak boleh kalah dgn korporasi,sekarang nasib PT.Rendi Permata Raya ada di ujung Pena Bupati Mandailing Natal.Tinggal bagaimana menyikapinya saja.

Bagi saya,keberhasilan seorang pemimpin itu bukan di hitung dari berapa lama dia menjabat

” namun keberhasilan seorang pemimpin itu di lihat dari berapa banyak persoalan rakyat yang mampu dia selesaikan di masa kepemimpinannya,” ujarnya di Akun Facebooknya.

Dikatakan, di Era Pemerintahan Jokowi- Ma’aruf Amin, Tidak ada satu perusahaan perkebunan pun yang boleh tidak taat hukum

” semua harus patuh dan tunduk kepada hukum yang berlaku ,termasuk PT.Rendi Permata Raya, ” Ujar Teguh W Hasahatan Nasution, sambil mengucapkan “Merdeka, Merdeka, Merdeka ( Dita)

 

Admin : Dita Risky Saputri,SKM.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.