21 Orang Korban Semburan Lumpur PT.SMGP di Rumah Sakit Panyabungan

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Hingga Pukul 13.00 Wib, korban yang dirawat di RSUD Panyabungan, akibat Semburan Lumpur dari Pengeboran PT.SMGP di Desa Sibamggor Julu Kecamatan Puncak Sorik Marapi, sebanyak 21 orang yang tercatat di Rumah Sakit.

Wartawan Malintang Pos Group Dita Risky Saputri,SKM dan Siti Khoiriah yang bwtada di RSU Panyabungan, melaporkan bahwa setelah dirawatnya 21 orang warga korban Lumpur PT.SMGP langsung turun Plt.BPBD Madina Edi Sahlan, Kasat Reskirim Polres Madina Edi Sukamto,SH dan Wakapolres Madina Kompol Agus Maryana,SH.

Setelah itu, Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution dan Kapolres Madina AKBP.HM.Reza.CAS.S.IK,SH.MH juga langsung turun melihat kondisi warga yang menjadi korban semburan lumpur milik PT.SMGP.

Sekitar pukul 12.40 Wib, muncul Bupati Madina HM.Ja’far Sukhairi Nasution dan langsung ke ruangan IGD melihat Korban lumpur PT.SMGP dan sekiyar setengah jam keluar lagi bersama Wakil dan Kapolres serta sejumlah OPD dan memberikan keterangan Pers.

Bupati Mandailing Natal HM.H.M.Ja’far Sukhairi Nasution di dampingi Wakil Bupati Atika Azmi Utami , Kapolres Madina Muhammad Reza Chairul Akbar Sidiq S.I.K. SH,M.H , Kadis Kesehatan dan Beberapa OPD lainnya.

Kata Bupati,  Barang kali kejadian ini terulang kembali, tentunya ini sebuah kejadian yang membuat saya kaget

Disebutkannya, dari pemerintah daerah kalau kejadian ini berulang – ulang kembal kejadian

Kata dia, pemerintah pusat tentu perlu melakukan kajian ulang , apakah aktivitas ini di hentikan atau bagaimana , bola ada di tangan pemerintah pusat

” pemerintah daerah tidak ada kewenangan dalam hal mencabut atau menghentikan kegiatan , pemerintah daerah hanya bisa berharap kepada pemerintah pusat , kepada perusaan kalo ini segera di hentikan kegiatan pengeboran,” ujar Bupati.

Kalau memang ini terus terusan terjadi , masyarakat kita ada yang hari ini korban ada 21 orang yang di rawat.Mudah – mudahan bisa di tangani dengan baik.

Sedangkan Kapolres Madina H.Muhammad Reza Chairul Akbar Sidiq S.I.K. SH,M.H menyampaikan hari ini kita fokusnya mengevakuasi warga yang menjadi korban yang terdampak .

Kapolres juga menghimbau kepada pihak perusahaan harus segera menutup sumur.

Selanjutnya kami menghimbau kepada masyarakat Desa Sibanggor Julu terutama, agar tetap tenang , kita serahkan ini kepada bapak bupati dan forkopimda  dan kepada tokoh masyarakat yang ada.

Nama-nam korban yang dilarikan ke Rumah Sakit Umum Pantabungan adalah :

1. Suci Murni 15 tahu
2. Anisah 14 tahun
3. Salmah 17 tahun
4. Ani Lubis 42 tahun
5. Halimatus sakdiah 24 tahun ibu bayi
6. Derliana 70 tahun
7. Nurma 56 tahun
8. Yurnami 56 tahun
9. Ali tohiruddin 38 tahun
10. Nazila 6 bulan
11. Dahlia 50.tahun
12. Afsoh 43 tahun
13. Azuidah 21 tahun
14. Ahmad Husen 40 tahun
15. Endang sufrianti 35 tahun
16. Nurharamas 55 tahun
17. Nurlaila 30 tahun
18. Hasan Basri 30 tahun
19. Ani 43 tahun
20. Asmar Husein 33 tahun
21. Anni 43 tahun

Kondisinya sampai Pukul 13.20 Wib masih dirawat di RSU Panyabungan ( Dita Risky Saputri dan Siti Khoiriah)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.