Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara.

Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik.

Khusus untuk Kabupaten Mandailing Natal, suhu politik itu mulai ” Terasa ” karena dari semula figur Putra terbaik kita banyak yang ingin maju sebagai Bupati/Wakil Bupati Mandailing Natal, yang akan dilaksanakan 09 Desember 2020 mendatang ini.

Saat ini, Suheri – Atika sudah 8 Kursi ( 20%) dan Sofwat – Beir 8 Kursi( 20 %), sedangkan Dahlan – Aswin kalau Rekomendasi yang pernah di ekspos baru 7 kursi, tentu masih kurang 1 kursi lagi.

Informasi yang berkembang di kalangan politisi di Mandailing Natal, bahwa Hanura 4 kursi akan menjadi Perahu yang akan membawa berlayar Suheri – Atika dan ada juga yang mengatakan sudah ditangan Dahlan – Aswin, tapi yang jelas Partai Hanura menjadi Desesein meker saat ini, kabarnya.

Bagaimana dengan Gerindra..?  Sesuai informasi yang diajukan DPD Gerindra Sumut, partai yang dipimpin oleh Prabowo Subianto ini juga sudah ditangan Suheri – Atika.

Tetapi, sejumlah pihak lebih percaya Partai yang di Pimpin Prabowo Subianto ini akan mengusung Sofwat – Beir, karena jauh-jauh hari hanya Suheri dan Sofwat yang terus berjuang mendapatkan Gerindra yang pemenang di Pileg dimana Gerindra dapat 7 kursi dan duduk sebagai Ketua DPRD.

Benarkah Golkar ke Dahlan – Aswin..?  Loh, kok pertanyaan begitu, sebab ada rumor yang berkembang bahwa Ketua DPD Golkar Sumut akan diganti, karena Golkar Sumut akan Musda pemilihan Ketua akhir Juli atau Agustus.

Hemat Penulis, jika rumor yang berkembang benar akan terjadi ada beberapa kemungkinan konstelasi politik akan berubah di media Juli – Agustus mendatang ini.

Artinya, jika Hanura ke SUKA dan Golkar mengusung Sofwat – Beir, maka Dahlan – Aswin bakal gagal ” Berlayar” di 09 Desember 2020 mendatang.

Tetapi, jika Golkar masih konsisten mengusung Dahlan – Aswin,walaupun Hanura ke Suka, maka yang terjadi Tiga(3) Paslon yang akan maju di Pilkada di 09 Desember 2020 mendatang ini.

Makanya, dinamika politik di Bumi Gordang Sambilan sekarang ini semakin ” Panas – Dingin ” karena masing- masing Paslon terus ” Bergerilya” untuk mendapatkan dukungan dari Partai Politik yang ada kursi di Gedung DPRD Mandailing Natal( Bersambung Terus)

Admin : iskandar hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.