26 September 2020 Bupati/Wakil Bupati Madina Dijabat Pjs.

MEDAN(Malintangpos Online): Pengamat Pemerintahan Sumatera Utara Rusli Hidayat SH,mengutarakan kemungkinan besar sekitar tanggal 26 September 2020, Kabupaten Mandailing Natal di jabat Pjs. Bupati Madina, agar pimpinan pemerintahan tidak kosong.

Kenapa begitu..?  Karena Drs.H.Dahlan Hasan Nasution dan HM.Jafar Sukheri Nasution, sama -sama maju di Pilkada Mandailing Natal, sebagai Calon Bupati Madina.

Hal itu disampaikan Pengamat Pemerintahan Sumut Rusli Hidayat,SH di Medan, Senin(24/8) terkait pilkada Mandailing Natal.

“Bagi kepala daerah yang tidak maju dia tetap menjabat, kalau kepala daerahnya maju maka wakilnya yang menjadi Plt, kalau dua-duanya pasangannya maju maka harus diganti dengan Pjs,” kata Mendagri Tito Karnavian seperti dilansir kemendagri.go.id, beberapa waktu yang lalu.

Disebut Mendagri, Dasar hukum terkait Plt mengacu pada Pasal 65 dan 66, Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Pemda).

Dia menyatakan, Plt dijabat wakil gubernur, wakil bupati dan wakil wali kota, apabila, gubernur, bupati dan wali kota di suatu daerah sedang berhalangan sementara

Sementara itu, Pjs dipilih jika pada saat pasangan kepala daerah dan wakil kepala daerah petahana maju kembali dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada), ada kewajiban untuk cuti sepanjang masa kampanye.

“Pjs nanti akan diajukan kepada Kemendagri, nanti Kemendagri akan menentukan,” kata Mendagri yang disampaikan kembali oleh Rusli Hidayat, SH.(dir/red)

Admin : iskandar hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.