36 Unit Rumah di Daerah Belawan Ludes Terbakar

Rumah Di Belawan Ludes Terbakar

BELAWAN (Malintangpos Online): 36 unit rumah semi permanen yang berada pemukiman padat  di Pondok Gongsol Jl. Bliton Barat Lingkungan 5 Kelurahan Belawan ll Kecamatan Medan Belawan, Rabu (2/12) sekira pukul 16:00 ludes terbakar.  Meski tak ada korban jiwa namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah sedangkan asal api masih dalam penyelidikan pihak Polsek Belawan.

Informasi yang diperoleh di lokasi kebakaran, asal api diduga  dari  tabung gas yang meledak di dalam rumah milik Eva.
Saat itu, warga mendengar suara ledakan dari rumah yang terletak paling sudut. Ledakan yang disertai kobaran api langsung menyambar isi rumah dan dinding rumah warga yang mayoriyas berdinding papan.

“Tiba-tiba kami mendengar suara ledakan yang diduga dari tabung gas. Tak lama kemudian terlihat kobaran api disusul kepulan asap tebal membubung tinggi,” ujar Syawal  ,40, warga sekitar lokasi kejadian.

Api terus berkobar hingga merembet ke rumah-rumah lainnya di pemukiman padat penduduk tersebut.

Sejumlah mobil pemadam kebakaran sempat kesulitan untuk masuk ke lokasi kebakaran apalagi sejumlah akses masuk terpasang palang rel kereta api sehingga harus melewati jalan alternatif. Api dapat dipadamkan setelah mobil Pemadam Kebakaran milik Pemko Medan, PT Pelindo l ( Persero) dan Lantamal l Belawan tiba di lokasi kebakaran.

Lurah Kelurahan Belawan ll Yose Feri saat di wartawan mengaku belum mengetahui secara pasti apa penyebab kebakaran itu terjadi namun api berasal api  dari salah satu rumah warga.

” Kita tidak tau apa penyebab terjadinya kebakaran itu.Tapi kata warga api berasal dari salah rumah warga yang paling sudut itu” ucap Yose .

Sementara itu Kepala Lingkungan 5 Khairil Amri Nasution yang merupakan salah korban mengatakan saat ini dirinya masih melakukan pendataan, untuk mengetahui jumlah rumah yang terbakar.

“Saya belum bisa memberitahukan jumlah rumah yang terbakar saat ini saya masih melakukan pendataan dan rumah saya juga ikut terbakar bang,” ujar Amri dengan wajah sedih.
Pantauan Waspada, dari keterangan warga setempat, rumah yang terbakar mencapai 36 unit rumah permanen dan semi permanen.

Kapolsek Belawan Kompol DJ.Naibaho.SH menjelaskan pihaknya masih melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran.

“Jumlah kerugian dan rumah yang terbakar masih dalam pendataan,” sebut Kapolsek Belawan.

Sementara itu, perkumpulan Anak Belawan Bersatu membuka posko untuk pengumpulan bantuan para korban kebakaran tersebut.

“Dermawan dan masyarakat umum yang mau berpartisipasi memberikam sumbangannya bisa disalurkan di Posko Sekretariat Anak Belawan Bersatu di Jl. Veteran depan rumah dinas Kapolres Pelabuhan Belawan,” ujar Ketua Umum Anak Belawan Bersatu

Dedy Satria Ainal, A.Md didampingi Sekum Adli Azhari.

Adapun jenis bantuan yang akan diberikan dapat  berupa uang tunai, pakaian layak pakai, sembako dan alat-alat bangunan.
“Untuk pemberian uang tunai dapat ditransfer ke Rekening Perkumpulan Anak Belawan Bersatu Bank Mandiri No. Rek. 106 00 13 88 73 13 dan untuk bantuan berupa barang dapat disalurkan ke Sekretariat ABB Jl. Veteran No. 11 D Belawan,” timpal  Ketua Bidang Sosial dan Mitigasi Bencana ABB Muhammad Syafrizal.(att)

Foto : Sejumlah warga menyaksikan kobaran api yang meludeskan puluhan rumah di pemukiman padat penduduk Jl. Bliton Barat Lingkungan 5 Kelurahan Belawan ll Kecamatan Medan Belawan, Rabu (2/12) sekira pukul 16:00.

Admin : iskandar hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.