49 Orang Petugas Pantarlih Pemilu 2024 di Kecamatan Ulu Barumun Dilantik8

ULU BARUMUN (Malintangpos Online): 49 Orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilu 2024, dilantik oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas.

Pengambilan sumpah ke 49 petugas Pantarlih dibacakan Ketua PPS Pasar Ipuh, Bagus didampingi seluruh Ketua dan anggota PPS Kecamatan Ulu Barumun sekaligus dengan pembacaan Pakta Integritas oleh perwakilan Pantarlih, di halaman SD N 0601 Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Minggu (12/02).

Prosesi pelantikan disaksikan langsung Ketua KPU Padang Lawas Indra Syahbana Nasution, SH, MH didampingi Kasubbag Hukum, Pengawasan dan SDM, Romy Syahputra Alamsyah bersama Camat Ulu Barumun, Damhury Daulay, Ketua PPK Kecamatan Ulu Barumun Faujan Hamidy Hasibuan, Sekretariat PPK Kecamatan Ulu Barumun, H. Irwanuddin Daulay, beserta seluruh anggota PPK.

Sambutan tertulis Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari  yang dibacakan oleh Ketua PPK Kecamatan Ulu Barumun, Faujan Hamidy Hasibuan menyampaikan,
Apel kesiapan Pantarlih dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

“Tahapan penyusunan daftar pemilih merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial dan strategis bagi terlaksananya tahapan Pemilu,” kata Faujan.

Beliau menjelaskan, Pemutakhiran daftar pemilih menentukan tahapan pemilu selanjutnya,jika hasil penyusunan daftar pemilih bermasalah atau tidak valid, dapat dipastikan tahapan pemilu selanjutnya akan terganggu.

Pantarlih merupakan ujung tombak dalam pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih,untuk itu perlu adanya kesiapan Pantarlih dalam pemutakhiran data pemilu yang meliputi,Berkoordinasi dengan tokoh masyarakat saat memulai dan selesai melaksanakan Coklit.

Dalam melaksanakan coklit, Pantarlih wajib menggunakan atribut Pantarlih, paparnya.

Selain itu,  katanya, Dalam melaksanakan tugas, Pantarlih wajib mengisi buku kerja untuk mencatat semua aktivitas, dan Pantarlih harus berkoordinasi dengan PPS Desa masing-masing, PPS kordinasi dengan PPK, PPK ke KPU Kabupaten.

Sementara itu, Camat Ulu Barumun Damhuri Daulay, S.Pd menyampaikan,
Selamat kepada Petugas Pantarlih yang baru dilantiknya, semoga sukses dalam menjalankan tugas.

“Jalankan tugas yang telah diberikan sesuai dengan aturan undang-undang yang berlaku,” pintanya.

Camat juga mengingatkan,
agar petugas Pantarlih tidak memihak kepada partai manapun dan harus independen.

“Petugas Pantarlih merupakan ujung tombak pemilu, untuk itu pahami dan jalankan pakta integritas dengan baik,” harap Damhuri.

Usai prosesi pelantikan, acara  dilanjutkan dengan Bimtek dan pembekalan bagi seluruh Petugas Pantarlih dengan narasumber Ketua PPK dan anggota PPK Kecamatan Ulu Barumun.

Seusai Bimtek kemudian dilanjutkan pelepasan petugas Pantarlih ke desa masing-masing, yang dilepas langsung Ketua KPU Palas Indra Syahbana Nasution, SH, MH.

Tidak lupa Ketua KPU Palas Indra Syahbana Nasution, SH MH menyampaikan,
Selamat bertugas, bekerjalah dengan serius,
bila ada yang kurang dipahami, konsultasi dengan PPS di desa masing-masing.

“Pantarlih adalah petugas yang dibentuk untuk melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih pada tahapan Pemilu 2024,” jelasnya lagi.

“Sebagai pelaksana Pemilu 2024, saya berpesan kepada kita semua untuk melaksanakan tugas dengan baik, jujur, adil dan transparan,” Pungkas Ketua KPU Palas Indra Syahbana Nasution.(BEH).

 

Admin : Dita Risky Saputri.SKM.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.