Ada Berusia 100 Tahun, Sekda Rohul Membuka Pelaksanaan Suluk

Sekretaris Daerah membuka pelaksanaan suluk perdana/Mira Yati

ROKAN HULU(Malintangpos Online): Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu H. Abd. Haris, S.Sos. M. Si membuka pelaksanaan suluk 10 hari dan perdana di Suarau Suluk baru yang di beri nama Surau Suluk Syekh Abdul Wahab Rokan dan peletakan duplikat Makam Syekh Abdul Wahab Rokan di Desa Rantau Binuang Sakti Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu.

 Kegiatan ini sebagai rangkaian Milad Syekh Abdul Wahab Rokan yang ke 208. Sehingga kedepan karena meninggalnya  di Babussalam Langkat Sumatera Utara diperingati sebagai Haul nya, maka Rantau Binuang Sakti di Rokan Hulu  tempat lahirnya diperingati sebagai Milad nya.

            Sehingga Hari ini Desa Rantau Binuang Sakti (dulu bernama Danau Runda) yang merupakan tempat kelahiran tokoh sufi syekh Abdul Wahab Rokan, mencatat sejarah, setelah sekian lama tempat ini hanya sebagai sebutan semata, sekarang telah ada surau suluk yang tahun ini selesai dan cukup refresentatif yang puncaknya direncanakan akan di hadiri Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, tanggal 16 Desember 2019 yang akan datang.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan suluk

Mustafa Kamal sebagai Koordinator Jemaah Tarikat Naksabandiah Syeh Abdul Wahab Rokan Rantau Binuang Sakti. Mengatakan Milad Syekh Abdul Wahab Rokan yang untuk pertama kali akan dilaksanakan, di rencanakan berjumlah 200 orang, namun baru datang sampai saat ini sebanyak 64 orang sementara 149 orang masih di perjalanan.

Dari 64 peserta suluk tersebut terdiri dari Rohil 34 orang dan dari Rohul 30 orang dimana diantara yabg hadir ada yang telah berumur lebih dari 100 tahun.

 Kemudian Kepala Desa Rantau Binuang Sakti Tamrin,  mengatakan tahun ini acara masih bersifat lokal, tahun depan harapan kita dengan didukung oleh Pak Bupati akan kita tingkatkan menjadi tingkat Asia Tenggara.

Tokoh masyarakat Efendi R dalam sambutannya Terkesima (merinding) dan tak terbayangkan kegiatan suluk ini akan terlaksana serta serasa mimpi apalagi sekarang telah berdiri gedung megah surau suluk dari Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu sebagai tempat suluk dan ibadah serta penghormatan dan penghargaan kepada  tempat kelahiran. Syekh Abdul Wahab Rokan ini. Mudah mudahan kita mendapat rahmat.

Saya juga menyampai hormat, kepada  Mursyid atau Tuan Guru. H. Kholifah M. Adwar  sekaligus cicit Syekh Abdul Wahab Rokan yang berdomisili di Rokan Hilir telah si tunjuk oleh Tuan Guru Syekh Bussilam langkat untuk mengasuh dan menjadi guru  di tempat ini.

Sementara itu Sekda H. Abd. Haris, S.Sos. M. Si menyampaikan salut dan bangga kita Kabupaten Rokan Hulu mempunyai orang yang tinggi pengetahuannya di bidang agama sejak dahulu, bahkan tidak saja di skala lokal dan Nasional, melainkan sampai ke tingkat Asia Tenggara.

 Hal yang perlu kita catat, bahwa beliau membawa nama Rokan, sebagai lambang kebanggaan dan harapannya untuk kemajuan Rokan umumnya dan Rokan Hulu khususnya. Sekda melanjutkan Ketinggian ilmu Syekh  Abdul Wahab Rokan juga dapat kita lihat pada salah satu karyanya yang berisi wasiat 44 sebagai pedoman dan petunjuk bagi generasi setelahnya. wasiatnya tersebut dimintanya untuk di baca dan diingat  oleh kita sekarang.

Oleh sebab itu sudah sepantasnya kita mengambil ilmu, menghormati dan menghagai beliau dengan menghidupkan tempat ini kedepan. Berkenaan  dengan itu pemerintah daerah Kabupaten Rokan Hulu akan berupaya untuk membangun komplek ini sesuai dengan fungsinya dan kemampuan pemerintah daerah.

Setelah acara pembukaan suluk, Sekda dan Tuan Guru serta semua yang hadir melaksanakan Peletakkan Reflika makam Syekh Abdul Wahab Rokan yang telah mendapat izin dari keluarga dan Mursyid serta pengasuh Suaru Suluk yanh di Babussalam Langkat Sumatera Utara.

Sekda mengatakan Kita berharap duplikat makam ini akan membuat kembalinya semangat dan spirit beliau dan kita masyarakat di Rokan Hulu untuk semakin maju dan sejahtera di masa yang akan datang, acara di ahiri dengan pembacaan doa oleh Mursyid Tarikat Syekh Abdul Wahab Rokan Kholifah M. Adwar.(M&D)

 

 

Liputan : Mira Yati

Admin   : dina soekandar

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.