Aek Macom Tidak ” Menghantui ” Petani di Kab.Madina Lagi (1)

Waktu Pekerjaan Proyek/ Syahren Hasibuan

PERSOALAN Aek Macom yang hulunya dari Lereng Gunung Sorik Marapi Kecamatan Puncak Sorik Marapi,sejak puluhan tahun lalu yang selalu ” Menghantui ” masyarakat di sekitar Kec.Puncak Sorik Marapi dan Kec.Lembah Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal,sekarang sudah berhasil dipisahkan dan masyarakat ucapkan terimakasih kepada pemerintah.

Tidak banyak warga yang mengetahui sekitar Aek Macom yang sangat mengganggu kepada masyarakat tersebut, sebab kalau kita perhatikan airnya sangat bersih dan mengalir dengan baik dari Lereng Gunung Sorik Marapi ke Aek Maga di Kec. Lembah Sorik Marapi dengan Panjang sekitar 5 Km dan telah selesai dibangun saluran dan jalan 3 Km di Tahun anggaran 2021 dengan APBN di Kementerian PUPR.

Waktu Pekerjaan Proroyek/ Syahren Hasibuan

Penanggung Jawab Kontraktor dari PT.Yogi Lestari Kaslan Dalimunthe di pinggir Aek Macom,Senin(24/5) mengutarakan bahwa  pekerjaan yang PT.Yogi Lestari garap ditahap awal telah selesai.

” Semua berkat do’a dan dukungan seluruh elemen masyarakat. Untuk itu kami sampaikan terima kasih atas support, dorongan dan saran yang telah diberikan kepada kami,” ujar Kaslan Dalimunthe yang juga Perwakilan Balai Wilayah Sungai Sumatera ll Irigasi Rawa lll Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Camat PSM Akhiruddin,SE beri penjelasan/Dita Risky Saputri,SKM.

Bagaimana Kendala..? Kendala pasti ada, Alhamdulillah tidak begitu sulit,Kita berterima kasih kepada masyarakat sekitar yang turut berpartisipasi dan kooperatif dalam pengerjaan proyek Pemisahan Aek Macom ini.

Disampaikan Kaslan, bahwa proyek ini masih tahap penganggaran pertama, kajian kami, penyelesaian secara keseluruhan, ini mesti dikerjakan dalam satu tahapan anggaran yang harus dikerjakan tahun 2022 mendatang.

“ kita berharap pengajuan untuk penganggaran tahap II nantinya dapat segera disahkan, agar pembangunan bisa secepatnya diselesaikan,” sebutnya dihadapan Muspika PSM dan LSM maupun warga yg hadir.

Sedangkan Camat Puncak Sorik Marapi Akhiruddin Batubara,SE, menyampaikan rasa syukurnya melihat manfaat yang didapatkan masyarakat melalui proyek pemisahan Aek Macom yang selama ini dikeluhkan masyarakat petani.

“ terima kasih kami sampaikan kepada Pemda Madina, Kementrian PUPR, dan putra-putra daerah yang bersomisili di perantauan yang telah mendorong penganggaran proyek Aek Macom, pemisahan Aek macom ini, masyarakat bisa tenang dan tak gundah lagi untuk masalah pengairan,” kata  Akhiruddin.

Aek Macom Tidak Berguna.

Aek Macom di Sibanggor Tonga/Dita Risky

 

Mungkin diseluruh Indonesia dan khususnya Sumatera Utara walau ada Gunung Berapi nya, Aek Macom yang ada hanya Desa Puncak Sorik Marapi dan Kec.Lembah Sorik Marapi walaupun Aek Macom sama sekali tidak berguna dan malah merusak bagi warga.

Bayangkan, ikan piri -piri dan Ikan Indosiar saja tidak hidup, tanaman padi tumbuhnya tidak bagus, ikan apa saja pun tidak hidup, bangunan dek dan besi saja cepat dirusak jika sudah tersentuh Aek Macom.

Makanya, puluhan tahun masyarakat petani di dua kecamatan ( PSM dan LSM) selalu ” Menghantui ” warga petani, sejak Awal tahun 2021 ini warga sudah tidak di hantui oleh Aek Macom dan justuru warga sudah mulai mengolah lahan kolam – kolam Ikannya yang selama ditelantarkan ( Bersambung Terus)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.