Akibat Tidak Pernah Ditanggapi, Warga Laporkan Kades Panyabungan Barat ke KPK

Rabat Beton dari anggaran Dana Desa di Panyabungan Barat

JAKARTA(Malintangpos Online): “ Bukan Satu Jalan ke Roma,” Pribahasa itulah kemungkinan yang cocok disampaikan kepada warga yang tergabung dalam Aliansi Penyelemat Anggaran Dana Desa ( APADD) Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal, yang terpaksa melaporkan beberapa Kades ke KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) di Jakarta, karena anggaran DD disalahgunakan.

            Desa-desa yang dilaporkan tersebut adalah Plt. Kades Runding, Kades Hutatonga BB, Kades Barbaran, Kades Barbaran Jae, Kades Batang Gadis, Kades Batang Gadis Jae, Sabajior yang mayoritas yang dilaporkan adalah kualitas proyek fisik dan juga ada dugaan Mark Up anggaran yang disusun melalui APBDes, serta adanya pembuatan SPJ kepada pihak kecamatan yang dipotong dari Dana Desa(DD).

            “ Kami melaporkan Kades yang mengelola Dana Desa(DD) di Panyabungan Barat disebabkan sudah berkali-kali Plt.Kades Runding dan Kades Hutatonga BB dilaporkan ke berbagai pihak di Panyabungan, tidak pernah ditanggapi, karena itu kami ke Jakarta langsung mengantar surat Pengaduan dan Laporan kecurangan DD ke KPK,” ujar Ketua APADD Panyabungan Barat Chairuman Nasution,ST kepada Wartawan Malintangpos Online Biro Jakarta, Kamis(20-12) di Depan Gedung KPK.

            Masalahnya apa..? sulit menceritakannya, karena sudah kronis, warga telah berkali-kali demo dan membuat protes, serta dibuat pengaduan ke Inspektorat dan Kejaksaan sama sekali tidak ada tindak lanjutnya, malahan warga yang pro dan kontra jadinya, harusnya Inspektorat mengumumkan kepada masyarakat.

            Memang, ada untuk pembuatan Rabat Beton/Jalan Setapak, tapi pondasinya tidak ada, campuran hanya pasir dan semen, sehingga setiap Rabat Beton yang dibangun tidak bertahan lama, karena itu kita berharap ke KPK untuk menurunkan Team penyelidikan penggunaan Dana Desa(DD) mulai tahun 2015, 2016, 2017 dan 2018 agar masyarakat mengetahui siapa yang menyelewengkan anggaran Dana Desa(DD) di Panyabungan Barat.

            “ Yang benar saja pelaksanaan DD di Panyabungan Barat 100 % bagus dan tidak ada temuan dari Inspektorat kalau tidak ada apa-apanya, mustahil, masyarakat juga mengetahui haknya sejauh mana terkait Dana Desa,” ujarnya usai melaporkan Kades ke KPK di Jakarta, Kamis(20-12) pagi tadi sambil berlalu.

            Camat Panyabungan Barat Syahrul Alamsah Nasution yang hendak dikonfirmasi dikantornya Kamis siang(20-12) tidak berhasil, begitu juga HP nya di hubungi tidak aktif, pengakuan stafnya Camat lagi ada urusan ke Kabupaten.

            “ Camat tadi masuk, namun mendadak ke Kantor Bupati Madina ada urusan, kalau kami tidak bisa memberikan keterangan, lebih baik langsung saja ke desa untuk konfirmasi kepada Kepala Desa langsung biar jelas,” ujar beberapa staf kantor Camat Panyabungan Barat( Red/Put)

 

 

 

Admin : Siti Putriani Lubis

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.