Anak Terinfeksi “ Wabah Difteri”, Ratusan Warga Kel.Kayujati Panyabungan Disuntik Vaksin

Masyarakat yang mau disuntik Vaksin di kel.Kayujati Panyabungan/ D.Nst

KAYUJATI(Malintangpos Online): “ Berawal dari adanya seorang anak diduga Terinfeksi Wabah Difteri,” Kepala Dinas Kesehatan Mandailing Natal, melalui Ka.UPT.Puskesmas Panyabungan Jae Kecamatan Panyabungan Kabupaten Madina, akhirnya melakukan penyuntikan terhadap ratusan orang warga yang bermukim disekitar rumah terduga Terinfeksi Wabah tersebut.

            Informasi yang diterima dari Wartawan D.Nasution, Kamis malam( 12-12) bahwa Warga Kelurahan Kayujati Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal sontak digegerkan dengan wabah penyakit Difteri.

            Karena, salah satu anak, warga Kelurahan Kayu Jati terinfeksi Wabah penyakit Difteri, atau Corynebacterium diphtheria.

            Siapa namanya..? Fatimah Azzahra Balita umur 6 (enam)  tahun diduga terinfeksi wabah bakteri  Saat ini balita tersebut sudah dirujuk kerumah sakit Adam Malik Medan.

            Disebutkannya, Dimana sebelumnya Fatimah mengalami demam dan susah bernafas, sakit pada tenggorokan.

 Awalnya, orang tua Fatimah membawa Fatimah berobat ke Puskesmas, Setelah dilakukan pemeriksaan oleh bidan, ternyata Fatimah terinfeksi wabah bakteri. pihak Puskesmas langsung merujuk pasien kerumah sakit Umum Daerah Panyabungan guna penanganan lebih lanjut.

Warga yang di Vaksin/ D.Nst

Kenapa ke Medan..? Karena peralatan dan SDM nya kurang memadai di Rumah sakit tersebut, sehingga pihak rumah sakit merujuk pasien kerumah sakit Adam Malik Medan guna penaganan yang lebih intensif.

Selain itu, Berselang Satu Malam, kakak dari Fatimah yaitu Aira Safina umur 10 tahun juga mengalami hal yang sama, sehingga paginya harus dilarikan ke Puskesmas dan dirujuk kerumah sakit, dan saat ini Aira dalam penanganan Dokter dan ditempatkan diruangan khusus demi menjaga agar wabah penyakit Difteri tidak menjangkit kepasien yang lainnya.

            Mendengar hal tersebut, Kadis kesehatan Madina Syarifuddin Nasution mengintruksikan kepada pihak Puskesmas untuk memberikan Vaksin kepada warga disekitaran rumah pasien, sehingga sempat membuat masyarakat heran dan geger di daerah sekitaran rumah anak terserang penyakit diduga Difteri tersebut.

Warga Dewasa yang di Vaksin/D.Nst

Kadis Kesehatan Madina dr.Syarifuddin Nasution melalui Kepala Puskesmas Panyabungan Yuhlida Nehri Lubis mengatakan, pihaknya memberikan suntikan vaksin kepada ratusan warga Kelurahan Kayu Jati yang ada disekitaran Rumah pasien tidak terlepas mulai anak anak hingga orang dewasa demi untuk mengantisipasi warga agar tidak ada yang terinfeksi wabah penyakit Difteri tersebut.

            “Dimana salah satu warga Kelurahan Kayu Jati yang bernama Fatimah Azzahra anak berumur enam Tahun yang terinfeksi penyakit tersebut, setelah dirawat dirumah sakit umum selama kurang lebih 6 jam, pihak rumah sakit menyarankan juga untuk dirujuk kerumah sakit Adam Malik Medan dengan alasan serupa, bahwa SDM dan peralatan Rumah sakit kurang memadai.” Katanya.

            Beliau juga mengharapkan, Jika ada warga yang mengalami tanda tanda terinfeksi, segera kerumah sakit untuk diberikan penanganan secepatnya,” ujar Yuhlida ( D.Nst/Red)

 

 

Liputan :D.Nst/WhatsApp

Admin   : Iskandar Hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.