Anggaran Perbaikan Sipon Irigasi Batang Gadis di Kab.Madina 2 Mata Anggaran

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Pengurus Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Aktivis Hukum di Tabagsel, mendesak Kejaksaan Negeri, agar memanggil Kadis PUPR Mandailing Natal,Elpi Yanti Harahap dan Pihak BWS Sumut II Medan, yang telah Memperbaiki Sipon Zal Kanan Irigasi Batang Gadis di bawah Jembatan Aek Pohon Jalan Lintas Timur Kel.Pidoli Dolok Kec.Panyabungan.

Sebelum diperbaiki

” Perbaikan Sipon Irigasi Batang Gadis anggarannya dari APBD Madina dan APBN TA 2024, inikan pasti ada Anggarannya yang di Korupsi,” Ujar Aktivis Hukum Tabagsel, M.Herman Parinduri.SH, kepada Wartawan,Senin(25/3) di Rindang Hotel Panyabungan.

Kemaren, ujar Herman, pihaknya bersama sejumlah LSM Mendapat surat pengaduan dari Warga pemilik Persawahan di 15 Desa di Kec.Panyabungan, bahwa perbaikan Sipon yg rusak biayanya ” Ngeri ” sekali nilainya.

Kata warga, sejak rusaknya Sipon, telah 4 X Musim Tanam ( MT) Petani di 15 Desa Gagal Tanam, sering dikeluhkan warga Petani dan oleh Bupati setelah banyak menyoroti di perbaiki dengan dana APBD Madina Tahun 2023 di Dinas PUPR.

Ternyata, perbaikan yg dilakukan Dinas PUPR Madina dengan Pagu Anggaran sekitar Rp 345.000.000.- hanya Memasang Pipa Besar dan kalau nggak salah hanya 2 Minggu air Mengalir, rusak kembali dihantam Aek Pohon.

” Biaya Rp 345.000.000.- hanya 2 Minggu hancur, ada apa, dan Lucunya Kadis PUPR Madina Elpi Yanti Harahap di konfirmasi memilih Bungkam, ada apa, ada apanya,” ujarnya.

Dan awal Maret 2024, pihak BWS Sumut II Medan, memperbaiki dengan judul Proyeknya ” Pemeliharaan Berkala DI Batang Gadis ” sumber dananya APBN di Plank tidak dicantumkan anggarannya, dikerjakan 90 Hari Kerja.

Pertanyaannya, Kenapa anggaran untuk Perbaiki Sipon Irigasi Batang Gadis 2(Dua) mata anggaran, apakah ini tidak Pemborosan.

Karena itu, ujar Sekretaris LSM.Genta Madina Chandra Siregar, pihaknya dengan srjumlah LSM Mendesak pihak Kejaksaan Negeri Mandailing Natal, agar segera memanggil Kadis PUPR Madina Elpi Yanti Harahap dan PPK Proyek Pemeliharaan Berkala DI Batang Gadis, yang sumber dananya APBN Tahun 2024.

” Anggaran Perbaikan Sipon Irigasi Batang Gadis, tumpang tindih, panggil Kadis PUPR Madina dan Pihak BWS Sumut II Medan, untuk Klarifikasi,” ujarnya ( Aris/Nanda/Nor)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.