Bagi Prajurit Tugas Merupakan Kepercayaan dan Kehormatan

Danrem 023/KS ketika didampingi Danyon 123/RW ketika memeriksa pasukan

SIDIMPUAN (Malintangpos Online) : Kita harus menyadari bahwa tugas dan tanggung jawab yang akan diemban tidak ringan, namun harus ditanamkan pada setiap prajurit bahwa tugas merupakan kepercayaan dan kehormatan, maka jangan sekali-kali menyianyiakan kesempatan yang telah diberikan oleh bangsa dan Negara, untuk itu apapun tugas yang diberikan harus berhasil, demikian amanat Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu somantri yang dibacakan oleh Danrem 023/KS Letkol Inf Donni Hutabarat dalam upacara pembukaan latihan Pratugas Yonif  123/RW  dalam rangka Satgas Pamtas RI-Malaysia di Wilayah Kalimantan Barat ta 2017 di Lapangan Mako Yonif 123/ RW Kota Padang Sidempuan, Senin (5/6).

“Latihan pratugas ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan prajurit sebelum diberangkatkan ke daerah penugasan agar terampil sehingga akan mampu mengatasi setiap permasalahan di daerah penugasan nantinya,” katanya.

Latihan pratugas ini meliputi kemampuan taktik dan teknik bertempur, kemampuan binter, kemampuan intelijen dan hukum yang sesuai dengan  standart operation procedure. keempat kemampuan tersebut harus terintegrasi, baik secara perorangan maupun satuan sehingga berangkat ke daerah operasi dengan kepercayaan diri yang tinggi dan tidak ada keraguan dalam berfikir dan bertindak.

“ Yonif 123/Rajawali melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan darat RI-Malaysia di wilayah kalimantan barat untuk mencegah tindakan ilegal di wilayah perbatasan dan pergeseran patok perbatasan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI,” Ucap Danrem.

Sebelum mengakhiri sambutannya Danrem 023/KS   menyampaikan beberapa penekanan kepada pelaku dan penyelenggara latihan untuk dipedomani, Laksanakan latihan pratugas dengan serius, semangat dan disiplin tempur yang tinggi untuk mewujudkan realisme latihan. Siapkan mental dan fisik dengan baik sehingga dapat mengikuti latihan sampai dengan akhir pelaksanaan latihan. Ikuti semua aturan dan petunjuk dari penyelenggara latihan sehingga sasaran latihan dapat tercapai. Hindari terjadinya pelanggaran dan perhatikan faktor keamanan baik personel, materiil maupun kegiatan sebelum, selama dan sesudah latihan.

“Kepada  saya menekankan, Tumbuhkan semangat dan motivasi peserta latihan, sehingga latihan dapat dilaksanakan dengan benar. Ciptakan mekanisme dan realisme latihan yang relevan dengan daerah operasi, sehingga pelaku memiliki gambaran situasi daerah yang sesungguhnya. Laksanakan pengawasan dan koreksi serta jangan ragu untuk mengulang gerakan ataupun kegiatan yang salah sehingga hasil latihan dapat mencapai sasaran yang diinginkan,” ahiri Danrem.

Setelah upacara selesai Dilanjutkan Jam komandan oleh Danrem 023/KS dalam jam komandan tersebut Danrem memberikan beberapa petunjuk kepada anggota Yonif 123/ RW Harus hapal doa dari pimpinan atas yang bunyinya ”  Ya tuhan….kami bersyukur atas karunia yang dilimpahkan kepada kami. Sehingga kami diberi kehidupan baru

Bimbinglah kami, agar kami dapat mengikuti segala petunjukmu dan menjauhi laranganmu,  lindungi kami dari berbagai musibah dan bencana, peliharalah kesehatan kami, berilah petunjuk perlindungan  rahmat dan rihomu, agar dapat melaksanakan aktifitas hari ini, dan kami diberikan kemudahan, keberuntungan, keberhasilan dan kemenangan.

Danrem juga menekankan kepada personil satgas harus berhasil, untuk itu hindari godaan illegal, banyak penyeludupan diperbatasan, jangan sempat kalian jadi backing.

“Bina fisik selama tugas, tetap jaga kesehatan, jaga nama baik satuan, apabila kalian berhasil maka akan dipercaya jadi satgas ke Luar Negeri. Ingat keluarga yang ditinggal,” ahiri Danrem dalam jam komandan tersebut

Peserta latihan pratugas Satgas Yonif  123/RW dalam rangka operasi pengamanan perbatasan darat RI- Malaysia TA 2017 berjumlah 350 orang, dipimpin oleh Komandan Batalyon 123/RW Letkol Inf  Akbar Nofrizal Yusanto S.IP.

Hadir dalam acara pembukaan pratugas Yonif 123/RW dalam rangka operasi pengamanan perbatasan darat RI-Malaysia tersebut walikota padang sidempuan, Bupati Tapanuli selatan, Bupati paluta, Bupati palas, Bupati madina, Dandim 0212/TS Letkol Arm Azhari, Para Kapolres dan Dansat Brimob Sewilayah Tabagsel, Tokoh  Organisasi Kepemudaan, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS, Penyelenggara dan pendukung latihan pratugas lainnya. (Pul)

Admin : Dina Sukandar Hasibuan,A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.