Banjir dan longsor Landa Madina(3), Informasi Sulit, Guyuran Hujan Menghantui Masyarakat

Longsor jalan menuju pengunsian Muarasaladi Rabu sore(17-10)/ Munawar Ling Nst

KEJADIAN  Bencana Alam diwilayah Mandailing Natal, sudah hampir Satu(1) Minggu  terjadi dimana kejadian paling dahsyat mulai terjadi Jumat sore(12-10 ) lalu, namun nampaknya Informasi tentang kejadian Bencana Alam sangat sulit diperoleh sekalipun untuk mendapatkan informasi tersebut adalah tugas seorang Wartawan untuk kepentingan beritanya di media masing-masing Wartawan menulisnya.

            Harusnya, agar tidak terjadi informasi yang simpang siur atau yang kurang akurat pihak Pemda Madina Cq. Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) membuat Media Center yang gunanya untuk mendapatkan informasi yang benar-benar akurat dan sesuai dengan yang terjadi dilapangan, karena pada hari pertama kejadian Banjir Bandang Desa Muarasaladi Kecamatan Ulu Pungkut, banyak berita yang mengatakan korban jiwa 20, ada yang mengatakan 31, ada yang mengatakan 12, serta ada yang mengatakan puluhan orang.

            Begitu juga ketika Malintang Pos Group mempertanyakan informasi di Facebook Munawir Ling Nasution dimana telah terjadi kembali Lonsor sekitar 10 Meter di jalan menuju pemukiman pengungsi Desa Muarasaladi, baik pihak BPBD maupun Sekdakab Madina yang dihubungi Via selular tidak mengetahui kejadian sesuai dengan status Munawir Ling Nasution tersebut.

            Kepala BPBD Madina Yasir Nasution ketika dihubungi Via selular, Rau malam(17-10) sama sekali belum mengetahui adanya kembali longsoran diwilayah Kecamatan Ulu Pungkut, sebab Kepala BPBD katanya sedang berada diwilayah Pantai Barat untuk mengantarkan bantuan bagi masyarakat yang terkena bencana.

Warga yang mau ke Desa Hutagaodang Muda/Nurhalimah Batubara

“ Saya belum mengetahui, lebih baik tanyakan kepada PU, karena saya masih berada diwilayah Pantaia Barat untuk mengantarkan bantuan bagi masyarakat terkena banjir diwilayah tersebut dan inipun saya masih berada diwilayah Simpang Gambir sekarang, ke PU saja tanyakan,” katanya melalui telephon selularnya yang dihubungi dari Panyabungan.

            Begitu juga dengan Sekdakab Madina M.Safii Lubis yang juga dihubungi Rabu malam(17-10) Via selular, mengaku belum mendapat informasi tentang adanya longsor diwilayah Kecamatan ulu Pungkut Rabu sore(17-10).

            “ Saya tanyakan dulu sebentar dan hubungi saja Kabag Humas Madina Pandi Lubis, karena saya telah tanyakan dia( Humas Red) juga mengakui tidak mengetahui adanya longsoran baru diwilayah Kecamatan Ulu Pungkut,” ujar Sekdakab Madina M.Safii Lubis.

            Sedangkan warga Kecamatan Ulu Pungkut Abdullah yang dihubungi Via selular, Rabu malam(17-10) mengakui adanya longsoran baru diwilayah jalan menuju tempat pengungsian warga Desa Muarasaladi sekitar 10 Meter tebing jalan lonsor dan menutup badan jalan sekitar wilayah itu, serta sempat warga berteriak-teriak “ Longsor… Longsor… Longsor “

            “ Benar seklai ada sore tadi longsoran, namun pihak Pemda Madina yang telah ditugasi diwilayah itu dengan cepat menyingkirkan longsoran yang menimpa badan jalan dan jalur wilayah itu sudah bisa dilalui kembali,” katanya.

Caleg DPRD Madina dari PDI Perjuangan Dapil 4 Parinah di tengah luapan sungai

Kondisi warga..? tanya Wartawan “ Kami seluruh lapisan masyarakat masih dihantui kejadian longsor, karena curah hujan sampai sekarang ini masih terus berlangsung, makanya kita terus berjaga-jaga dan warga ada sebagian belum berani cepat-cepat pindah ke rumahnya, apalagi posisi rumah yang dekat dengan tebing jalan, mudah-mudahan jangan terjadi lagi “ katanya lagi.

            Kepala Dinas PUPR Madina Syahruddin,ST dan Kabag Humas dan Protokol Madina Pandi Lubis yang dihubungi Via selular, Rabu malam(17-10) membenarkan adanya longsor sore tadi dan pihak kita telah membersihkan longsoran yang tadi sore disekitar jalan menuju pengungsian warga Desa Muarasaladi.

            “ Kalau longsor yang tadi sore sudah kita bersihkan, tidak sampai mengganggu akses jalan masyarakat, cepat kita bersihkan dan sekarang kita akan menuju lokasi kembali, sebab saat ini hujan deras masih mengguyur wilayah Mandailing Julu khususnya Kotanopan dan ulu Pungkut,’ ujar Kadis PUPR Madina Syahruddin,ST Yang waktu bersama Kabag Humas dan Protokol Madina Pandi Lubis yang dihubungi.(Bersambung Terus).

 

 

Liputan : Dita Risky Saputri Hasibuan

Admin : Siti Putriani Lubis

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.