Banjir Pantai Barat , PR Buat Gubsu dan Pemda Mandailing Natal (2)

Daerah Kec.Natal

MENDENGAR Informasi ” BANJIR “ diwilayah Kec.Batang Natal, Linggabayu, Natal setiap tahunnya, maka kita teringat langsung dengan Sungai(Aek) Batang Natal yang muaranya di Laut Natal Kecamatan Natal,Kabupaten Mandaiing Natal Provinsi Sumatera Utara.

Ada apa dengan Sungai(Aek) Batang Natal..?pertanyaan itulah yang muncul jika sudah terjadi Banjir disepanjang DAS Batang Natal yang panjangnya sekitar70,50 Km yg hilirnya ke Laut Natal.

Membicarakan Sungai(Aek) Batang Natal, maka kita akan ingat sekarang ” Emas dan Banjir Tahunan” dan kalau dulu kita ingat dengan ” Kayu Gelondongan kualitas Ekspor “ tapi yang korban tetap rakyat biasa yang tidak ikut menikmati hasil Tambang Emas dan Kayu Gelondongan.

Soal Banjir di DAS Batang Natal..? Semua tau dan mengetahui, baik Gubsu dan DPRD Sumut, lebih – lebih Bupati dan DPRD Mandailing Natal, lebih – lebih masyarakat yang tinggal di sepanjang DAS Batang Natal tersebut.

Dinkes Buat Posko

Setiap wilayah Linggabayu, Natal dan Muara Batang Gadis dilanda Banjir, Kadis Kesehatan Madina dr.Syarifuddin Nasution langsung Mendirikan Posko Kesehatan di daerah tersebut.

” Kalau Posko Kesehatan sejak kejadian sudah kita perintahkan dibuat, karena Posko Kesehatan sangat penting dan diperlukan masyatakat,” Ujar Kadis Kesehatan Madina dr.Syarifuddin Nasution kepada Penulis, Kamis(19/8) di Kantor Bupati.

Kata Syarifuddin, Daerah UPT.Puskesmas Patiluban juga kena banjir, termasuk Kantor UPT.Puskesmas masuk juga air ke kantor tersebut.

” Puskesmas Patiluban juga banjir, padahal sudah kita tinggikan lokasi kantor dan tetap banjir,” ujar Syarifuddin.

Memang, sudah ada rencana kita pindahkan, tanahnya sudah ada Hibah 50 x 50 Meter, tapi anggaran pembangunan belum ada di masa Covid – 19 sekarang ini, ujar dr.Syarifuddin.

DAS Batang Natal Harus Segera di Dek.

Banjir di sepanjang DAS Batang Natal, bukan sekarang saja, tapi sejak puluhan tahun lalu, karena itu sebaiknya DAS tersebut harus segera di Dek.

Sebaiknya, Pemerintah membuat Dek pengaman di DAS yang rawan banjir, karena soal banjir disekitar DAS Batang Natal sudah lama sekali ( Bersambung Terus)

Foto dari berbagai sumber.

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.