Batahan Juga Banjir dan Warga Mengungsi

MENDAPATKAN Informasi bagi seorang Wartawan ” Tidak Semudah Membalik Telapak Tangan ” apalagi informasi seperti Bencana Alam di Kabupaten Mandailing Natal, karena selain HP ,WA Pejabatnya tidak aktif, juga ” Emang Gue Pikirin ” dalam hati si pejabat yang akan dimintai informasi.

Memang, kebijakan yang dibuat oleh Bupati dan Wakil Bupati Madina ” Darurat Bencana” sangat Positif dan Pupuler, atau kebijakan yang bijak sekali, apalagi kalau pejabatnya hingga tingkat Kades dan Lurah bisa dihubungi Wartawan, untuk mendapat informasi tentang kondisi dan dampak banjir di daerahnya masing – masing.

Padahal, jika para pejabat tersebut bisa memberikan informasi soal banjir dan dampak banjir kepada Wartawan, tentu masyarakat Mandailing Natal, akan mengetahui apa yang akan dibantu ke daerah banjir tersebut

Redaksi Malintang Pos Group menugaskan 5 Wartawan untuk mengetahui secara jelas kondisi ril keadaan masyarakat di daerah banjir di wilayah Pantai Barat, terpaksa berjibaku hingga sampai ke daerah Bencana banjir, berikut laporannya.

Camat Batahan Irsal kepada Wartawan di Batahan, Minggu(19/12) mengutarakan bahwa daerahnya juga sejak Jumat(18/12) sudah banjir akibat tingginya curah hujan yang mengakibatkan Batang Bangko dan Batang Batahan yang meluap.

Sehingga warga terpaksa di Evakuasi ke  DesaBatahan 1, Desa Muara Pertemuan, Desa Bintungan Bejanggar, Desa Batusondat, dan Desa Banjar Aur.

Kata Irsal, ada 8 desa di Kecamatan Batahan yang terendam banjir, Satu diantaranya Desa Batusondat yang terdiri dari
dua dusun.

Yaitu, Dusun Kotopuat, Warga Dusun Kotopuat mengungsi ke perbukitan. Mereka terkepung banjir dan belum bisa kembali ke dusunnya.

” Sampai saat ini mereka masih di areal desa, tapi di perbukitan” ujar Camat Batahan Irsal.

Memang, ada yang sudah turun bukit, tetapi belum mau masuk ke desanya, karena takut air naik lagi, apalagi daerah Sumbar masih tinggi curah hujannya.

Kesehatan warga..? Alhamdulillah, kesehatan warga masih aman, apalagi Posko Kesehatan sudah ada dan pihak Kesehatan terus jalan memantau warga yg terdampak banjir ( Bersambung Terus)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

 

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.