Berobat di Puskesmas Gratis, 1 Keluarga di Panyabungan Terserang Penyakit Gatal-Gatal

Ka.Puskesmas Panyabungan Jae sedang memberikan obat

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): “ Di Era Digital sekarang ini, masih ada orangtua yang sampai sekarang ini tidak mengetahui kalau berobat di Puskesmas itu Gratis (Tidak Bayar),” Kalimat itulah yang cocok disampaikan kepada  Kamal(49) tahun Penduduk Desa Panyabungan Julu Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal.

            Kenapa rupanya..? karena ketidak tahuannya, akhirnya 4 anaknya, antara lain 1: Ikbal Umur : 14 th, Pahrul Umur : 13, karmila Umur : 1,8th dan karmisah Umur : 4bln terserang penyakit Gatal-Gatal (Scabies) yang membuat sejumlah Wartawan turun tangan menyampaikannya kepada Wakil Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Nasution,SH yang kebetulan istrinya Kepala UPT.Puskesmas Panyabungan Jae.

            “ Rupanya Bapak ini (Kamal Red) tidak tau bahwa di Puskesmas berobat gratis jadi tidak membawa anaknya berobat ke Puskesmas,” ujar Wakil Ketua DPRD Kab.Madina Erwin Efendi Nasution,SH melalui WhatsApp ke Redaksi Malintangpos Online, Selasa(10-12) setelah mendapat informasi dari turunnya Ka.Puskesmas Panyabungan Jae langsung ke rumah Kamal yang anaknya terserang penyakit gatal-gatal.

Ka.UPT.Puskesmas Panyabungan Jae memberikan arahan ke ibu bocah kena gatal-gatal

Kata Erwin, Ke empat anaknya menderita gatal-gatal dan kalau dilihat dari klinis kemungkinan besar adalah Scabies, penyakitnya ini terutama disebabkan oleh lingkungan yang kurang bersih.,namun memang kondisi rumahnya sungguh kurang layak baik dari segi kesehatan maupun lainnya.

            “ Tadi Bu.Ka.UPT.Puskesmas Panyabungan Jae berpesan kepada masyarakat Mandailing Natal, agar masyarakat Menjaga lingkungan sehat dan hidup bersih, supaya terhindar dari penyakit seperti gatal-gatal dan lainnya, serta kepada seluruh masyarakat disampaikan bahwa berobat ke Puskesmas itu Gratis alias tidak bayar,” ujar Wakil Ketua DPRD Kab.Madina Erwin Efendi Nasution,SH mengulangi pesan Ka.UPT.Puskesmas Panyabungan Jae.

            Sebelumnya, beberapa Wartawan yang bertugas di Mandailing Natal, mendapat kiriman WhatsApp dari warga Panyabungan Julu, bahwa ada satu keluarga yang miskin di sekitar wilayah Jalan menuju Hotel diwilayah Jalan Lintas Barat,terserang penyakit gatal-gatal dan tidak mampu untuk berobat karena miskin.

Bocah kena gatal

Mendengar informasi itu, sejumlah Wartawan diantaranya Syahren Hasibuan,Sri Aida Lubis dan wartawan lainnya meluncur ke lokasi yang ada dalam WhatsApp, betul sekali keluarga Kamal dan Upah yang memang belum terdaftar di Desa Panyabungan Julu, sebab Surat Pindah Kepala Keluarga tidak ada, sehingga aparat desa kewalahan.

            Pimpinan Malintang Pos Iskandar Hasibuan, mengambil jalan pintas, langsung mengirim WhatsApp ke Ketua DPRD Madina dan Wakil Ketua DPRD Madina, mendapat respon langsung dan pihak Puskesmas Panyabungan Jae, langsung turun melakukan check kondisi warga dan ternyata benar dan langsung diberikan obat dan juga diberikan pengarahan oleh Ka.UPT.Puskesmas Panyabungan Jae dan sejumlah stafnya(Red)

 

 

Liputan :Redaksi

Admin   : Iskandar Hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.