Berulangtahun ke-76, RRI Radio Tanggap Bencana

PADANG(Malintangpos Online): Radio Republik Indonesia (RRI) masih tetap eksis bertahan mengudara di tengah transformasi digital. Radio itu kini berusia 76 tahun. Meski tidak muda lagi, radio pertama di Indonesia ini mampu menjadi corong informasi bagi pendengar setianya.

“RRI selalu memberi sumbangsih dalam memelihara persatuan dan kesatuan. Di Padang, keberadaan RRI masih sebagai radio yang selalu tanggap bencana,” terang Kepala Dinas Kominfo Kota Padang melalui Kepala Seksi Pengelolaan Media Komunikasi Publik (Kasi PMKP) Charlie Ch. Legi, Minggu (12/9/2021).

Disebut sebagai radio yang selalu tanggap bencana karena RRI tetap hadir di tengah warga saat bencana terjadi. Di antaranya seperti bencana gempa di Padang pada tahun 2007 maupun di tahun 2009 silam.

“Ketika itu RRI satu-satunya radio yang masih mengudara, menyampaikan informasi kepada masyarakat yang tengah dirundung duka dan butuh informasi akurat. Bahkan ketika itu Wali Kota Padang hadir di ruang siar RRI untuk menenangkan warga,” ujar Charlie Ch. Legi.

Tidak di saat bencana gempa saja. Di masa bencana pandemi Covid-19, RRI selalu menyampaikan informasi terkait Covid-19. Seperti jumlah positif rate, pelaksanaan vaksin, maupun informasi tentang pentingnya protokol kesehatan Covid-19, dan lainnya.

“RRI mengedukasi pendengarnya lewat informasi akurat, termasuk informasi tentang Covid-19, sehingga tidak terjadi disinformasi di tengah masyarakat,” kata Charlie.

RRI berulangtahun ke-76 pada tanggal 11 September 2021. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Padang memberikan ucapan selamat dan apresiasi atas sumbangsih RRI selama ini.

“Hingga saat ini peranan RRI tidak bisa diabaikan, RRI telah mampu membangun komunikasi sosial yang positif dan konstruktif dalam memelihara persatuan dan kesatuan,” tutur Charlie.

Kasi PMKP itu melihat, lewat peranan RRI di tengah masyarakat dan pendengarnya, sudah menjadi kewajiban bagi Pemko Padang untuk membangun kemitraan yang baik dengan RRI. Karena melalui pesan yang disampaikan, termasuk pesan tentang pembangunan dan kebijakan pemerintah, publik dapat tercerahkan.

“Selamat milad RRI ke-76, sekali di udara tetap di udara, teruslah menjadi radio yang tanggap bencana dan dicintai pendengarnya,” ucap Charlie.(Diskominfo / Rel)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.