Bimtek Dan Pembekalan Tim Relawan Pendata Sustainable Development Goals (SDGs) Di Kecamatan Pulau Rakyat Tahun 2021

ASAHAN(Malintangpos Online): Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Pembekalan Tim Relawan Pendata Sustainable Development Goals (SDGS) di Kecamatan Pulau Rakyat Kabupaten Asahan. Berlangsung pada Sabtu (17/04/2021) bertempat di Aula kantor desa Orika. Sebagai Narasumber sekaligus memandu kegiatan ini adalah Pendamping/Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna ( TA TTG) P3MD Kemendesa PDTT Kabupaten Asahan Ali Hasyim Muda Nst didampingi para Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Pulau Rakyat. Pada tahap awal, sosialisasi ini diikuti oleh para Kepala Dusun dan Perangkat Desa yang nantinya merupakan Tim Relawan Pendata SDGs di desa masing-masing yakni dari desa Orika, Pulau Rakyat Pekan, Tunggul 45 dan desa Sei Piring Kecamatan Pulau Rakyat. Tampak hadir, Camat Pulau Rakyat Aspihan SH MM didampingi Kasi PMK Nasharuddin SH, Kepala Desa (Kades) Orika Rusli, Kades Pulau Rakyat Pekan Suyadi, Kades Sei Piring Sabaruddin Ritonga dan Kades Tunggul 45  Eddy Sunarto.

 

Camat Pulau Rakyat Aspihan dalam arahannya mengatakan SDGs Desa merupakan model pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021 adalah upaya terpadu dalam mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa dengan ekonomi tumbuh merata ,Desa peduli kesehatan, Desa Peduli lingkungan,Pendidikan,ramah Perempuan,Berjejaring atau paham Internet, Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Oleh karena itu,lanjut Aspihan untuk mewujudkan hal-hal tersebut dibutuhkan data-data tentang situasi dan kondisi masyarakat desa masing-masing.Diharapkan para peserta Bimtek nantinya bisa memahami apa-apa yang disampaikan oleh Narasumber terkait metode pendataan yang harus dilakukan.”Lakukanlah pendataan dengan benar-benar dengan mendatangi warga ke rumahnya masing-masing.Sehingga bisa diketahui dan diperoleh dengan jelas bagaimana situasi dan kondisi masyarakatnya.Karna berdasarkan data-data inilah langkah-langkah pembangunan di desa-desa nantinya kedepan bisa direalisasikan”, ujarnya.

Kades Pulau Rakyat Pekan Suyadi yang mewakili para Kades dari empat desa menghimbau agar peserta Bimtek yang terdiri dari para Perangkat desa untuk nantinya mendengarkan dengan baik materi-materi yang disampaikan oleh Narasumber terkait metode pendataan yang harus dilaksanakan.Terlebih-lebih kepada para Kepala Dusun yang lebih tahu dan paham tentang kondisi wilayah dan warganya masing-masing.”Diharapkan kepada peserta Bimtek terkhusus kepada Perangkat desa Pulau Rakyat Pekan usai kegiatan ini.Nantinya untuk segera mungkin melakukan pendataan dengan baik dan benar jangan ada sampai tak terdata.Karna hasil pendataan ini akan berpengaruh pada besaran alokasi Dana Desa (DD) tahun berikutnya.Dan Kepada Narasumber nantinya bisa menjelaskan dengan detail tentang motode pendataan yang akan dilaksanakan oleh Tim Relawan.”tandasnya.

Narasumber dalam Bimtek ini ,Ali Hasyim Muda Nst selaku Pendamping/Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna (TA TTG ) P3MD Kemendesa PDTT Kabupaten Asahan menyampaikan bahwa menindaklanjuti program Kemendesa ini ,sosialisasi  SDGs ini juga di gelar di semua kecamatan di Asahan.

“Agenda sosialisasi ini diantaranya adalah penyampaian pendataan SDGs Desa dengan 8 topologi desa dan 18 indikator SDGs Desa, dari hasil pendataan nanti diharapkan pembangunan desa mengacu hasil tersebut,” terang Ali Hasyim

Secara teknis, untuk melakukan pendataan tersebut di masing-masing desa akan dibentuk Relawan Pendataan SDGs Desa yang tugasnya melakukan pendataan berbasis Desa, Rukun Tetangga, Kepala Keluarga dan Anggota Keluarga. Menurut Pendamping ini, pasca sosialisasi akan segera ditindaklanjuti agenda kegiatan di masing-masing desa.

Setelah ini, agenda dilanjutkan dengan Musyawarah Desa yang akan membentuk Relawan Pokja Pendataan SDGs Desa dilanjutkan dengan Bimtek bagi mereka, bagaimana melakukan tugas secara teknis dan pengisian aplikasi pendataan,” terang Pendamping Kabupaten ini. Upaya pencapaian SDGs Desa dalam situasi pandemi Covid-19 tidaklah mudah, karena itulah penggunaan Dana Desa 2021 diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung pencapaian 10 (sepuluh) SDGs desa yang berkaitan dengan kegiatan pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional dan adaptasi kebiasaan baru desa.(MT)

Bimtek Dan Pembekalan Tim Relawan Pendata Sustainable Development Goals (SDGs) Di Kecamatan Pulau Rakyat Tahun 2021

Admin : Dita Risky Saputri, SKM

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.