Breaking News, Akibat Hujan Deras, Banjir dan Longsor di Mandailing Natal

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Breaking News, Ka.BPD Madina,Mukhsin Nasution.S.Sos, mengutarakan hujan yang mengguyur wilayah Mandailing Natal, sejak Jumat sore(15/12) mengakibatkan sejumlah daerah mengalami Banjir dan Longsor,serta merusak sejumlah pasilitas umum.

Demikian informasi tersebut disampaikan Ka.BPBD Madina Mukhsin Nasution.S.Sos kepada Redaksi,Via WhatsApp Ke Wartawan Malintang Pos Group.

Kata Mukhsin, adapun dampak Guyuran Hujan di Mandailing Natal, 1. Kel. Simangambat Kec. Siabu Kab. Mandailing Natal. 2. Desa Malintang Kec. Bukit Malintang.3. Desa Aek Nangali Kec. Batang Natal

4. Desa Pagur Kec.Panyabungan Timur.5. Antara Desa Bulu Soma dengan Tarlola Kec. Batang Natal.6. Kelurahan Gunung Baringin Kec.Panyabungan Timur

Kata dia, Hujan lebat yang mengguyur beberapa wilayah Kab. Mandailing Natal mengakibatkan meluapnya sungai Aek Batu Tunggal dan sungai Aek Sibontar sehingga bendungan/tanggul sungai Aek Batu Tunggal dan tanggul Aek Sibontar jebol.

2. Luapan sungai Aek Pata Botung Kec. Bukit Malintang.3. Desa Aek Nangali Kec. Batang Natal.4. Akibat intensitas hujan tadi malam mengakibatkan terjadi pergeseran tanah di Desa Pagur membuat satu unit rumah warga bergeser.

5. Telah terjadi tanah longsor di antara Bulu Soma dan Tarlola yang mengakibatkan jalan tertimbun Tanah longsor dan kendaraan tidak bisa lewat.

6. Terjadi tanah longsor di Kelurahan Gunung Baringin yang mengakibatkan jalan umum tidak bisa di lewati kendaraan roda empat sampai saat ini.

Disampaikan, dampak luapan sungai, Tanggul/ Bendungan sungai Batu Tunggal dan sungai Aek Sibontar jebol di Kel. Simangambat Kec. Siabu.

Sehingga, Aliran air untuk kebutuhan 4 Unit masjid dan kebutuhan air untuk sejumlah area persawahan sudah tidak mengalir/putus yang bersumber dari sungai Batu Tunggal dan sungai Aek Sibontar dan Dek penahan air sebelah kiri dan kanan terkikis oleh sungai.

Sedangkan di Bukit Malintang, Mengancam bangunan Sekolah Madrasah Guppi, Jembatan dan Tempat pemandian Masyarakat Malintang yang berada di pinggiran sungai.

Lain lagi, Sungai Batang Natal telah meluap ke pemukiman Rumah warga. Satu unit rumah warga bergeser dan akan berdampak tanah longsor dapat mengancam beberapa unit rumah lainnya.

Disamping itu, Jalan tertimbun longsor yang mengakibat tidak dapat di lewati kendaraan.

Dan Jalan umum di Kelurahan Gunung Baringin tidak bisa dilewati kendaraan roda empat akibat longsor.

” Pihak BPBD dan pihak Kecamatan disejumlah lokasi Dampak Hujan Deras telah berada dilokasi untuk membantu masyarakat, korban jiwa tidak ada,” ujar Muksin Nasution ( Riah/Aris)

 

Admin : Iskandar Hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.