BUMDes Sibanggor Jae Kec. Puncak Sorik Merapi Hasilkan PADes

SIBANGGOR JAE(Malintangpos Online)” Bukan Satu Jalan ke Roma, “Pribahasa itulah mungkin yang dipakai Kades Sibanggor Jae Kec. Puncak Sorik Merapi Kab.Madina,karena BUMDes yang ada desa tersebut, sudah bisa menghasilkan PADes(Pendapatan Asli Desa).

” Belum bisa dibilang Rp 10.000.000.- PADes nya, cuma sejak selesai Depot air yang di kelola BUMDes, sudah mengumpulkan Rp 10 Juta, ” Ujar Kades Sibanggor Jae, Sabtu(3/10) kepada Wartawan Malintang Pos Group Nanda Soekirno.

Kata Kades, Depot Air yang di kelola BUMDes adalah sumber dananya dari Dana Desa tahun 2019 dan selesai akhir tahun dan sekarang sudah bisa menghasilkan PADes.

Kata Kades, siapnya BUMDes ini di tahun 2020 dan hingga saat ini hasil dari pendapatan BUMDes Depot Air minum berjumlah sekitaran Rp 10.000.000.-

Kata Kades, Masyarakat yang menikmati hasil air bersih ini baik dari Desa Sibanggor Jae dan desa Tetangga Sebelah seperti Sibanggor Julu, Sibangor Tonga dan di luar Kecamatan yang hendak membeli air bersih di desa Sibanggor Jae.

Disebutkan Kades, Harga 1 galon air bersih yang diproduksi di Depot Sibanggor Jae berkisar Rp 5.000 per galon, baik itu masyarakat Desa Sibanggor Jae maupun di luar masyarakat Desa Sibanggor Jae,

Program kita sangat diapresiasi masyarakat, karena BUMDes ini adalah  salah satu Visi dan Misi kepala desa yang saat itu menjabat jadi kepala desa.

” kepala desa bercita-cita agar Desa ini bisa menghasilkan di luar dana desa dan hingga saat ini BUMDes itu telah berjalan,” Ujar Kades lagi.

Dan untuk itu Kepala Desa Sibanggor Jae mengatakan ,Depot ini akan berencana di lanjutkan pembangunannya menjadi air yang bisa dikemas untuk masyarakat dan di luar daerah bisa menikmati air dari Desa Sibanghor Jae.

Sebelum Depot ini beroperasi atau pun akhirnya diedarkan Air ini yang dihasilkan dari air pegunungan telah di uji lab atau pun telah dicoba di laboratorium kualitas dan manfaat air tersebut, hingga bisa dipasarkan di desa Sibanggor Jae, katanya.

” upaya kedepan merencanakan untuk pembuatan kemasan air botol dan kemasan air gelas, hingga dapat bersaing dengan kompetitor.
Dan untuk itu desa sibanggor Jae memberikan contoh yang baik terhadap dasa- desa yang lainya.,” katanya lagi.

Harapan Kepala Desa terhadap depot air minum ini, ” agar bisa bersaing dengan produk-produk lainnya dan bisa menjadi salah satu kebutuhan masyarakat Mandailing Natal khususnya.

Saya ingin konfirmasi kepada masyarakat yang telah merasakan atau mencoba air bersih ataupun air kemasan yang ada di desa sibanggor Jae.

kepala desa mengatakan” hampir sebagaian masyarakat sudah melakukan pembelian di depot air bersih Sibanggor Jae dan untuk itu sudah menjadi acuan kalau air ini sangat baik di mata masyarakat Sibanggor Jae.(Nanda)

Admin : iskandar hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.