Buntut Berita Kutipan Dana Desa, 12 Kades Kecamatan Rantobaek Datangi Kantor Malintang Pos

Kades se Rantobaek datangi Kantor Perwakilan Malintang Pos/ Syah. Hasibuan

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Sebanyak 12 Kades dari 17 Kepala Desa (Kades) beserta aparat desa se Kecamatan Rantobaek Kabupaten Mandailing Natal, mendatangi Kantor Perwakilan Malintang Pos Group di Jalan Willem Iskander Dalan Lidang Panyabungan,untuk melakukan Konfirmasi dan Klarifikasi terkait ucapan Kades yang mengatakan Camat meminta Rp 10.000.000.- (Sepuluh juta rupiah ) dari Dana Desa(DD) setiap pencairan.

            Kedatangan Kades se Kecamatan Rantobaek ke kantor Perwakilan Malintang Pos Group membuat sebagian masyarakat yang lalu lalang merasa heran, sebab Kades datang dengan mengenderai mobil pribadi tiga (3) unit diterima oleh Staf Redaksi Edy Saputra Pulungan dan mempersilakan seluruh Kades menunggu Pimpinan Umum/Pimpinan Redaksi Malintang Pos Group Iskandar Hasibuan,SE yang lagi wawancara dengan Ketua STAIN.

            Begitu Pemred Malintang Pos datang langsung mempersilakan seluruh Kades untuk duduk dan mempertanyakan maksud dan tujuan dari Kades ramai-ramai mendatangi Kantor Perwakilan Malintang Pos.

            “ Kedatangan kami ke kantor ini untuk menjumpai Pimpinan Redaksi Iskandar Hasibuan yang baru kami kenal hari ini, untuk melakukan konfirmasi dan klarifikasi terkait dengan berita Malintang Pos yang memberitakan Camat Rantobaek minta dana desa Rp 10.000.000,- dari Kades,” ujar Kades Dua Sepakat dalam pertemuan itu.

            Selain itu, ujar Kades tersebut, kami telah mempertanyakan ke Wartawan Malintang Pos agar postingan di facebook yang atas nama Wartawan dihapus dan dalam dialog Via selular itu dan ketika mendatangi Biro Pantai Barat ada tercetus kalimat yang mengadu “ Kades Dua Sepakat “ jadi dikira rekan-rekan Kades saya yang mengadukannya.

            Sementara itu, Kades Manisak dalam pertemuan itu, mempertanyakan apakah boleh Berita-berita yang mengenai DD di kecamatan Rantoabek jangan lagi diteruskan, sebab mereka sama sekali tidak pernah memberikan ataupun membagi kepada Camat sebesar Rp 10.000,000,- dan bahkan Kades tersebut mengatakan dirinya sama sekali tidak pernah dimintai oleh Camat uang seperti itu.

            “ Saya sebagai Kades Manisak dan sebagai perwakilan Kades se Kecamatan Rantobaek memohon berita ini sampai disini saja, karena apa yang ada dalam berita itu kami tidak pernah memberikan, kalau sekedar uang rokok kami kasih ketika ada urusan dengan pihak kecamatan, “ ujar Kades Manisak.

            Pimpinan Redaksi Malintang Pos Group Iskandar Hasibuan,SE menjawab pertanyaan Kades, mengutarakan bahwa hak jawab atau hak klarifikasi dari Camat atau kades sekitar berita itu ada pada Kades, jika seperti yang Kades informasikan kejadiannya kami akan buat dihalaman yang sama, silakan pak Kades atau camat menggunakan hak jawab atau hak kalrifikasi akan kami tunggu dan jika tidak puas silakan ditempuh jalur hukum atas berita yang menurut Kades tidak benar.

            Tetapi, sebagai Pimpinan Redaksi, telah disuruh Wartawan kita Konfirmasi kepada Camat, namun tidak di jawab dan di SMS juga tidak ada jawaban, kalau masalah data atau yang mengadu ke Wartawan Malintang Pos ada bukti-bukti dan dokumen kita serta saksi yang mendengarkan Kades yang mengadukan kutipan Camat melalui suruhannya dari kecamatan.

            “ Camat memang tidak pernah meminta uang DD dari kalian, namun atas perintah Camat kepada suruhan atau stafnya kemungkinan ada, kalau memang tidak ada diberikan Kades tentu Kades kita di daerah itu sangat menghargai jabatannya, ini bulan Ramadhan, katakan yang benar itu benar dan yang salah itu tetap salah,” ujar Iskandar Hasibuan dan pertemuan bubar dan Kades bubar dengan tertib sambil salam-salaman dengan Pimpinan redaksi dan Wartawan lainnya ( Red/Edy)

 

 

Liputan : Edy Saputra Pulungan

Admin  : Siti Putriani Lubis

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.