Bupati Asahan Resmikan Kantor LPM Kelurahan Aek Loba Pekan

…Libatkan LPM Dalam Program Pemerintahan Kelurahan…

ASAHAN(Malintangpos Online): Dalam kunjungan kerjanya di Kecamatan Aek Kuasan,Bupati Asahan H.Surya BSc melakukan peresmian kantor LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Kelurahaan Aek Loba Pekan,Selasa (14/9/2021).

Peresmian bangunan kantor LPM yang menempel pada bangunan kantor Kelurahaan Aek Loba Pekan ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh orang nomor satu di Kabupaten Asahan tersebut.

Dalam kesempatan itu,Bupati Asahan H.Surya menyampaikan santunan  kepada puluhan anak Yatim yang diserahkan secara simbolis.

Dalam arahan dan bimbingannya,Bupati Surya mengatakan bahwa Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan adalah Lembaga mitra strategis diluar Pemerintahan Kelurahaan dalam membantu  peningkatan partisipasi dan pelayanan penyelenggaraan masyarakat Kelurahan.

Selain peningkatan partisipasi pelayanan penyelenggaraan bagi masyarakat, LPM juga ikut serta dalam perencanaan pelaksanaan dan pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintahan Kelurahan di Kelurahaan Aek Loba Pekan.

Sebagai mitra Pemerintahan Kelurahaan dalam pembangunan Kelurahaan,LPM Kelurahaan adalah lembaga yang terbentuk atas prakarsa masyarakat yang tujuannya membantu Pemerintahaan Kelurahaan dalam meningkatkan aspirasi dan pelayanan guna penyelenggaraan dan pembangunan kelurahaan yang lebih baik kedepan.

“Maka diharapkan ada sinergi yang baik antara pemerintahaan kelurahaan dan LPM Kelurahaan sehingga rencana pembangunan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar di dalam upaya memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri No.5 Tahun 2007 tentang Pedoman Penataan Lembaga Masyarakat terkait tugas LPM”,ucap Surya.

Bupati Surya juga mengapresiasi laporan yang disampaikan oleh Ketua LPM Sakkot Amiruddin Marpaung terkait terwujudnya pembangunan kantor LPM.

Diharapkannya, keberadaan kantor LPM Kelurahaan Aek Loba dan kepengurusannya nantinya betul-betul berfungsi untuk membantu Pemerintahan Kelurahaan Aek Loba Pekan ini.Demikian juga kepada Kepala Kelurahaan harus terbuka dan transparan dalam membuat program-program perencanaan pembangunan

“Libatkan LPM dan masyarakat,dan tidak ada ruginya kita berterus terang dan transparan dalam membuat perencanaan apa saja demi kemajuan pembangunan di Kelurahaan Aek Loba Pekan ini.Dengan terbukanya Pemerintahaan Kelurahaan, LPM pun akan tetap mendukung dan memback up program-program pembangunan yang ada berlangsung di Pemerintahaan Kelurahaan”, katanya.

Masih kata Surya, mengingat laporan Ketua LPM bahwa terwujudnya pembangunan kantor LPM ini berkat adanya dukungan dan bantuan yang diberikan serta komunikasi yang baik yang dijalin pengurus LPM dengan masyarakat luas,perusahaan BUMN dan Swasta.

Oleh karena itu,marilah terus kita bina dan tingkatkan komunikasi yang telah terbangun baik dengan masyarakat luas, perusahaan BUMN dan Swasta.

Keberadaan kantor Sekretariat LPM ini,diharapkannya akan membawa semangat baru bagi pengurus LPM Kelurahaan Aek Loba Pekan untuk berdiskusi aktif dalam bidang pemberdayaan masyarakat baik segi ekonomi,sosial dan budaya.

Sekaligus tempat berdiskusi terkait pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

“Harapan saya dengan adanya kantor LPM ini atas partisipasi masyarakat,akan berdampak pada terwujudnya juga Kelurahaan Aek Loba Pekan yang maju dan mandiri”,ujar Bupati Surya

Sebelumnya, Camat Aek Kuasan Jutawan Sinaga S.STP dalam sambutannya menyampaikan selamat datang pada Bupati Asahan H Surya BSc beserta rombongan di Kelurahan Aek Loba Pekan ini dalam rangka peresmian kantor LPM kelurahan.

Disebutkannya, bahwa kelurahan Aek Loba Pekan ini satu-satunya wilayah Kelurahan di Kecamatan Aek Kuasan yang menaungi tujuh wilayah lingkungan dan kepengurusan LPM periode 2021 -2024 baru dikukuhkan.

Dan melihat semangat dan kerjasama yang luar biasa dari segenap pengurus LPM yang baru ini,kami yakin Kelurahan Aek Loba Pekan ini akan semakin maju.

Kerjasama dan dukungan segenap pihak yang telah dijalin LPM dibawah kepemimpinan Ketua Sakkot Amiruddin Marpaung tampak dari terwujudnya kantor LPM ini.Pembangunan kantor LPM ini murni swadaya yakni dengan menggalang partisipasi donatur dan Tokoh masyarakat yang ada di Kelurahan Aek Loba Pekan ini.

“Hal ini menandakan bahwa adanya partisipasi masyarakat dalam mendukung  dan menyukseskan pelaksanaan Pemerintahan di Kelurahan Aek Loba Pekan.Kami berharap terjalin terus kerjasama supaya kegiatan-kegiatan lain bisa dilaksanakan seperti kerjasama mewujudkan kantor LPM”,ungkap Jutawan

Dalam kesempatan, Ketua LPM Sakkot Amiruddin Marpaung dalam laporannya mengatakan bahwa ide pembangunan kantor LPM ini digagasi pada bulan April lalu saat dimulainya masa kepengurusan LPM yang baru periode tahun 2021-2024.

Melalui diskusi sesama pengurus,ide pembangunan kantor LPM ini saat itu kita sampaikan kepada PLT Lurah Pondaag Damanik dan direspon dengan baik.Saat kepemimpinan Kepala Kelurahan yang defenitif Daniel Siagian,ide pembangunan kantor LPM tersebut juga kita sampaikan.

Namun sempat Bapak Lurah Daniel bertanya “dari mana dananya” lalu kita jawab masalah dananya kita lakukan secara swadaya yang kemudian direspon positif oleh Bapak Lurah Daniel yang kemudian mempersilakan agar segera dilaksanakan pembangunannya.

“Bapak Bupati,bangunan kantor LPM ini murni 100 persen swadaya,kita lakukan penggalangan partisipasi dari masyarakat luas,Tokoh masyarakat,PT Socfindo Aek Loba dan PT Varem Aek Kuasan serta Donatur lainnya”,ungkap Ketua LPM Sakkot.

Turut mendampingi Bupati Asahan yakni Kadisdukcapil Supriyanto dan Kadis Pendidikan Asahan Sofyan serta Kabag Protokoler Darwinsyah Lubis.

Turut hadir dan memberikan sambutan yakni Tokoh masyarakat dan anggota DPRD Asahan Suparman SE

Tampak hadir dalam peresmian kantor LPM yakni Kepala Kelurahan Aek Loba Pekan Daniel Siagian,Danramil 16 Pulau Rakyat Kapten Inf JH Munthe,mewakili Kapolsek Pulau Raja Ipda B Hutagaol,Para Kades, Kepala Puskesmas Aek Loba dr Liberty Hutajulu,Tokoh Politik Syamsul Qodri Marpaung Ilc didampingi Tokoh masyarakat H Qosim Marpaung, para Tokoh masyarakat dan agama,mewakili PT Socfindo Aek Loba,mewakili PT Varem Sawit Cemerlang (VSC) Aek Kuasan serta sejumlah elemen/lapisan masyarakat dan undangan.

Pantauan Wartawan,usai acara peresmian kantor LPM,Bupati Surya menyempatkan diri meninjau ruangan kantor LPM tersebut dan berbincang-bincang dengan Ketua LPM Sakkot Amiruddin Marpaung dan Tokoh Politik Syamsul Qodri Marpaung dan Tokoh Masyarakat Qosim Marpaung.(MT)

Ket.gbr:poto bersama,Bupati Asahan bersama pengurus LPM dan Para Kades/Lurah serta penandatangan Prasasti

Admin : Dita Risky Saputri,SKM.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.