Bupati Madina Resmikan. Puskesmas Plus di Kotanopan

Suasana di Puskesmas Plus Kotanopan, foto bersama Bupati Madina dengan berbagai pihak

KOTANOPAN(Malintangpos Online):Bupati Mandailing Natal Drs.  Dahlan Hasan Nasution,  Sabtu ( 2/9) meresmikan Puskesmas Plus di desa Padang Bulan Muara Soro Kec.  Kotanopan. Puskemas Plus ini nantinya akan menjadi cikal bakal Rumah Sakit Umum Daerah di Kotanopan.

Hadir dalam peresmian tersebut Ketua DPRD Madina,  Hj.  Leli Artati. S.  Ag,  anggota DPRD Madina dari dapem II,  Wakapolres Madina,  Tokoh pemekaran Madina H.  Pandapotan,  Keluarga Ikanas Jakarta,  Prof.  DR.  Bismar Nasution,  M, Hum,  Ketua HIPMA Sumut H.  Aswin Parinduri,  Mudir Ponpes Purba Baru,  H.  Musthafa Bakri, Sekda Madina,   pimpinan SKPD,  Muspika Kotanopan, dan tokoh adat dan agama Kotanopan.

            Dalam sambutannya,  Bupati menyampaikan bahwa peresmian Puskesmas Plus ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kesehatan di wilayah ini.

            ” Saya sebenarnya lebih cocok mengatakan acara ini peresmian  Rumah Sakit. Sebab,  Puskesmas Plus ini rencananya akan di jadikan Rumah Sakit.  Saya berharap kepada pihak terkait,  terutama anggota DPRD Madina agar terus berjuang dan bekerja agar status Puskemas ini bisa di naikkan.  Targetnya, paling  lambat akhir tahun 2018, Puskesmas Plus ini sudah bisa di tingkatkan menjadi Rumah Sakit Umum Daerah, ” ucap Bupati.

            Dikatakannya,   keberadaan Puskemas Plus ini diharapkan bisa di mampaatkan oleh Kecamatan kecamatan terdekat dengan wilayah Kotanopan,  misalnya Kecamatan Ulu Pungkut,  Kec.  Muara Sipongi,  Pakantan dan Tambangan.

            Selama ini,  faktor geografis Kotanopan dengan Panyabungan memang  menjadi kendala bagi warga untuk berobat ke RSU Panyabungan.  Tidak jarang pasien meninggal di perjalanan karena terlambat pertolongan, ” ujarnya.

            Bupati juga menyampaikan harapan kepada  Univesitas Sumatera Utara ( USU)  agar berkenan bekerja sama untuk pengembangan Rumah Sakit ini kedepan. Begitu juga kepada warga Mandailing yang ada di perantauan,  terutama Ikanas agar berkenan membantu percepatan pembangunan di Madina.

            Bupati juga menyinggung terkait pembukaan jalan Lingkar Barat sepanjang 12 Km yang saat ini terus berlangsung dan rencana pendirian Fakultas Pertanian dan Politekhnik di Kotanopan.

            ” Insya Allah STAIM sudah menjadi Negeri,  kita targetkan dalam waktu yang tidak terlalu lama yaitu tahun 2018, Fakultas Pertanian dan Politikhnik sudah berdiri  di Kotanopan.  Ini tentunya juga dengan sendirinya akan merubah status IAIN Panyabungan menjadi UIN,” ujar Bupati.

            Ditambahkanya,  bukan sampai di situ saja,  kita juga akan menjadikan Kotanopan sebagai kota pejuang.  Sebab,  dari daerah ini banyak berasal pahlawan pahlawan Perintis Kemerdekaan.  Untuk menyahuti itu, kita juga akan mendirikan Taman Makam Pahlawan di Kotanopan yang tanahnya juga hibah dari masyarakat.

            Dan rencananya, untuk pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan yang ke 73 di tahun 2018 nanti,  akan kita pusatkan di Kotanopan. Makanya saat ini saya perintahkan Camat Kotanopan untuk menyelesaikan pembangunan lapangan Sepak bola Anggora.  Saya juga berharap peresmian Taman Makam Pahlawan ini juga bisa bersamaan dengan Peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun 2018, ujar Bupati.

Ucapan terimakasih kepada tokoh masyarakat Kotanopan, mulai dari H.  Khoiruddin Nasution, Aswin Lubis Parinduri,  Alm.  Keluarga H.  Ali Sati Lubis dan tokoh masyarakat lainnya yang telah menghibahkan tanah untuk pertapakan Fakultas Pertanian,  Politeknik dan Pasar.

            Sedangkan Kadis Kesehatan Madina,  drg. Ismail Lubis dalam kesempatan itu menyampaikan,  bahwa pembangunan Puskemas Plus ini bersumber dari dana DAK tahun 2016. Tahun 2018 ini juga sudah di usulkan anggaran untuk pembangunan ruangan bertingkat di ruangan yang belum di terpakai ini.

            Untuk sampai ke tahap Rumah Sakit kita harus melalui beberapa tahapan dan prosedur, termasuk adanya pembahasan dan persetujuan anggota DPRD Madina.  Pihaknya yakin dengan kerja sama yang baik antara masyarakat, Eksekutif dan Legislatif rencana Rumah Sakit tipe C akan cepat terealisasi di Kotanopan ini,  ungkapnya.

            Prof.  DR.  Bismar Nasution,  M.  Hum dalam sambutannya mengatakan,  untuk pengembangan Puskesmas Plus ini menjadi Rumah Sakit,  USU dan Fakuktas Kedokterannya siap bekerja sama. Terkait dengan pendirian Fakuktas Pertanian dan Politekhnik  di Kotanopan pihaknya sangat mendukung,  tapi alangkah  baiknya bila di tambah dengan Fakultas Hukum”, harapnya.

            Sedangkan H.  Khoiruddin selaku tokoh masyarakat dalam sambutannya mengajak warga Mandailing Julu,  khususnya Kotanopan untuk mendukung program Bupati Madina.

            ” Sudah terbentang  dihadapan kita penuntasan Jalan lingkar Barat Kotanopan,  pendirian Fakuktas Pertanian dan Politekhnik,  Makam Pahlawan,  Lapangan sepak bola Anggora dan persiapan menuju Rumah Sakit,  jadi mari kita dukung program Bupati ini agar segera terealisasi” harapnya.

            Di akhir acara, peresmian di tandai dengan penggutingan pita Oleh Bupati Madina di dampingi Tokoh masyarakat dan Muspida.  Selanjutnya dilakukan peninjauan ke ruang ruangan.  ( Lkt)

Admin : Siti Putriani Lubis

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.