Bupati Palas Buka MTQN ke X

Bupati TSO saat memukul tabuh tanda dimulainya MTQN ke X di kecamatan Huristak.

PALAS (Malintangpos Online):Seraya memukul Tabuh sebanyak 10 kali sebagai pertanda dimulainya Musabaqoh Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN)yang ke X (sepuluh) tingkat Kabupaten Padanglawas (Palas) tahun 2017 yang dibuka secara resmi oleh Bupati H.Ali Sutan Harahap (TSO) yang berlangsung di Lapangan bola desa Huristak Godang  Kecamatan Huristak, Selasa (28/3) malam.

Bupati, sekaligus melantik para dewan hakim/juri, hadir Bupati TSO, Wakil Bupati drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu, Ketua DPRD H.Syahwil Nasution, Sekda H.Syamsul Anwar Lubis, Staf Ahli Parmohonan Lubis,  Forkompinda Palas, Perwira Penghubung (Pabung) Mayor Inf. S.Pasaribu, Kakankemenag  Drs.Amran Hasibuan, Ketua MUI H.Sehat Muda, anggota DPRD terdiri dari Tongku Khalik Hasibuan, Sahyuti Hasibuan (f.Merah Putih), Gusnar Hasibuan (f.Hanura), Amran Pikal Siregar, M.Adi Safran Harahap (f.Golkar), H.Fahmi Anwar Nst, Tongku Solah Daulay (f.PKB),  Para Kadis/Kaban/Kakan/Camat, Danramil O7 Kapten Syafaruddin Hasibuan, Kapolsek Barteng AKP Maju Harahap, Kapolsek Barumun AKP Sammailun Pulungan, kepala desa, KNPI, para ketua OKP, ORMAS, LSM kabupaten maupun kecamatan, para dewan Hakim dan kafilah se – Palas.

Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO) dalam sambutannya mengatakan, “Masyarakat Qur’ani adalah masyarakat yang taat hukum, rajin beribadah, musyawarah, toleran, tidak mudah terprovokasi, santun, damai dan terjalinnya persaudaraan sesama serta menghargai setiap perbedaan,” ujarnya.

TSO juga mengungkapkan selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, MTQ juga telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu pembangunan, terutama dari segi keagamaan atau pencerahan rohani dan cahaya kedamaian serta sinaran cahaya moral dan budi pekerti masyarakat.

“Sebagaimana kita yakini bersama, Alquran memiliki multi keunggulan yang sangat luar biasa. Alquran mengandung nilai ibadah bagi orang yang membacanya. Alquran lautan ilmu yang tidak ada tepinya, bahkan Alquran sudah diakui sebagai rujukan sain dan teknologi yang tidak terbantahkan,” ujar TSO.

Ditambahkannya,  menyampaikan apresiasi kepada seluruh kafilah dan para pengurus pesantren yang telah ikut andil mensukseskan MTQN ini. “Tentunya ini sebuah kebanggaan bagi kita masyarakat Palas, dimana kehadiran para Kafilah yang telah memberi input pembangunan dalam ranah keagamaan khususnya tentang pembelajaran Alquran,” ujarnya.

Terpisah, Camat Huristak Lelan Daulay sebagai panitia kepada Wartawan, mengungkapkan, MTQN yang ke X tahun 2017 tingkat Kabupaten yang berlangsung di Lapangan bola Huristak Godang diikuti seluruh kecamatan dalam kabupaten Palas.

 MTQ yang berlangsung meriah ini, selain sebagai wahana meningkatkan kecintaan masyarakat dalam membaca Alquran, juga bertujuan untuk menjaring para qari dan qariah Kabupaten dalam rangka mengikuti MTQ tingkat Provinsi Sumatera Utara yang direncanakan berlangsung di Kabupaten, mudah mudahan melalui ajang MTQN ini seluruh kafilah bisa mendapatkan kemenangan dan saling menjaga kekondusifan selama mengikuti perlombaan, ucap Lelan Daulay.

Sebelumnya Bupati TSO ikut menyambut para peserta pawai taaruf yang diikuti para Kafilah setiap Kecamatan, Maching band, wirid yasin,  Ponpes dan para pelajar baik tingkat SD, SMP. SMA, MAN  sederajat. (AK).

Admin : Dina Sukandar Hasibuan.A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.