Bupati Rohil Lakukan Panen Raya Cabe Merah di Teluk Piyai Pesisir

Cabe Merah

KUBU,ROHIL(Malintangpos Online): Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno melakukan panen raya cabe merah seluas 40 hektar di Kepenghuluan Teluk Piyai Pesisir, Kecamatan Kubu, Selasa (14/2/2017).

Dalam panen raya tersebut turut dihadiri Ketua DPRD H. Nasrudin Hasan dan Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Bambang Sukisworo, kepala Dinas, Camat Kubu Asrul, penghulu Teluk Piyai Pesisir serta kelompok tani dan tokoh agama setempat.

Bupati Rohil H Suyatno dalam pidatonya menyebutkan, pemerintah daerah Rohil memberikan apresiasi kepada camat, penghulu dan semua kelompok tani yang telah berupaya mengembangkan tanaman cabe didaerahnya. Karena menurutnya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat itu sendiri.

“Tadi laporan dari camat dan penghulu luas tanaman cabe ini lebih kurang 40 hektar. Saya minta dipertahankan, kalau bisa ditingkatkan lagi,” ucap Suyatno.

Orang nomor satu di Rohil ini tentunya berharap tidak hanya Kepenghuluan Teluk Piyai Pesisir saja yang mengembangkan tanaman itu, namun kecamatan maupun kepenghuluan lain juga diminta melakukan hal yang sama.

“Semua itu tergantung masyarakat mengembangkannya. Soal pembinaan nanti koordinasi dengan dinas terkait,” katanya mengajak.

Menurut keterangan petani, sebut Bupati Suyatno, hasil panen cabe merah tersebut tidak hanya dipasarkan di Rohil saja, bahkan dijual ke Pekanbaru, Jambi, Padang, Palembang serta di daerah lainnya.

Terkait keluhan petani soal air pasang yang masuk kelokasi tanaman cabe, Bupati menegaskan sudah disampaikan hal itu ke DPRD.

“Tahun ini juga akan kita bangun tanggul. Mudah-mudahan dengan dibangunnya tanggul itu air asin tidak masuk lagi,” terangnya.

Selain itu, masyarakat juga mendambakan jalan masuk kelokasi panen cabe yang saat ini belum memadai.

“Beberapa hari yang lalu sejumlah mahasiswa juga ketemu saya, mereka minta perhatian jalan lintas itu. Kita sudah masukkan anggarannya tahun ini sebesar Rp20 miliar, termasuk pembangunan kantor Kepenghuluan Teluk Piyai Pesisir,” ujarnya.

Diacara yang sama juga dilakukan penyerahan sertifikat prona dan bantuan alat pertanian.(Abu)

Admin : Dina Sukandar Hasibuan.A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.