Bupati Tapanuli Tengah Letakkan Batu Pertama Pembangunan Renovasi Total Masjid Al-Huda Hutanabolon

TUKKA(Malintangpos Online):  Bapati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani meletakkan batu pertama sebagai awal dimulainya pembangunan renovasi total Masjid Al-Huda Kelurahan Hutanabolon, Kecamatan Tukka, Minggu (28/03).

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Asunni Panggabean dan Sari Tilawah oleh Monalisa Pasaribu.

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam bimbingan dan arahannya menyampaikan apresiasi atas pembangunan renovasi Masjid Al-Huda Hutanabolon.

“Saya sangat mengapresiasi langkah BKM Al-Huda serta Masyarakat Hutanabolon dan Panitia dalam merancang dan merencanakan pembangunan renovasi total Masjid Al-Huda Hutanabolon ini dengan perpaduan arsitektur bangunan adat batak yang ikonik, modern nan syari’ah,” ucap Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani.

“Saya berharap kepada Panitia Pembangunan Masjid Al-Huda dan juga masyarakat Hutanabolon, jangan jadikan awal peletakan batu pertama ini sebagai akhir dari pembangunan masjid ini tanpa ada tindak lanjut dan penyelesaiannya. Karena saya paling benci melihat pelaksanaan kegiatan peletakan batu pertama itu menjadi awal dan akhir dari semuanya. Saya hanya ingin, ada keberlangsungan pembangunan renovasi Masjid Al-Huda ini hingga selesai dan diakhiri dengan peresmian,” harap Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani.

“Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah akan memberikan bantuan untuk pembangunan renovasi total Masjid Al-Huda Hutanabolon ini yang ditampung pada P-APBD Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2021 ini. Semoga pembangunan renovasi Masjid Al-Huda Hutanabolon ini dapat terlaksana dan terselesaikan dengan baik dan lancar sesuai dengan yang kita harapkan bersama,” ungkap Bupati Tapanuli Tengah.

Kemudian, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani menyampaikan bahwa atas nama dirinya dan keluarga juga turut membantu pembangunan renovasi total Masjid Al-Huda Hutanabolon ini. Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani akan memberikan uangnya secara langsung kepada Panitia Pembangunan Masjid Al-Huda Hutanabolon.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pembangunan Masjid Al-Huda Hutanabolon Raynol Hermes Tambunan dalam laporannya menjelaskan,

“Masjid Al-Huda ini dibangun tahun 1971 dan selama itu belum pernah direnovasi secara total. Untuk itu, di tahun 2021 ini, kita rencanakan Masjid Al-Huda ini akan dibangun kembali dengan bentuk yang lebih ikonik, modern, dan syari’ah. Masjid Al-Huda ini dirancang dengan unsur adat batak dan perpaduan arsitektur modern nan syari’ah, sehingga menciptakan keharmonisan peradaban yang religius. Pembangun renovasi total Masjid Al-Huda ini dibangun diatas tanah seluas 49 x 42 meter persegi, dengan luas bangunan 30 x 25 meter persegi,” jelas Ketua Panitia Pembangunan, Raynol Hermes Tambunan.

Selanjutnya, penyampaian tausyiah seputar peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan mengajak ummat untuk memakmurkan Masjid oleh Al-Ustadz Khairil Anwar dan diakhiri dengan lelang amal untuk pembangunan renovasi total Masjid Al-Huda Hutanabolon tersebut.

Turut hadir dalam itu, Kapolres Tapteng diwakili oleh Wakapolres Tapteng Kompol H.Rokhmat, Dandim 0211/TT yang diwakili oleh Kapt. Inf. Legiman, Anggota DPRD Tapteng Saparuddin Simatupang dan Parohon Tambunan, Ketua BKM Al-Muslimin Pandan dan para BKM Masjid lainnya, Kapolsek Pandan, Danramil Pandan, Pimpinan OPD, Camat Tukka, Lurah/Kepala Desa se-Kecamatan Tukka, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan masyarakat Kecamatan Tukka serta tamu undangan lainnya.(BAS/ISK)

admin : iskandar hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.