Bupati Tapsel Bersama Ketua Komisi VII DPR RI & Dirjen EBTKE Resmikan PLTMH Berkapasitas 53 KW

Bupati Tapanuli Selatan H Syahrul M Pasaribu SH bersama Ketua Komisi II DPR RI H Gus Irawan Pasaribu, SE. Ak. MM dan Ir. Rida Mulyana M. Sc Dirjen EBTKE saat Peresmian dan Penandatanganan PLTMH

TAPSEL (Malintangpos Online): Bupati Tapanuli Selatan H Syahrul M Pasaribu SH bersama Ketua Komisi VII DPR RI H Gus Irawan Pasaribu,  SE. Ak. MM dan Ir. Rida Mulyana M. Sc Dirjen EBTKE (Energi Baru Terbarukan & Konservasi Energi)  menandatangani prasasti peresmian PLTMH Silangkitang Tambiski kecamatan SD. Hole berkapasitas 53 KW, Sabtu (24/2).

Acara peresmian dan penandatanganan PLTMH tersebut juga turut dihadiri Ketua TP PKK Tapsel Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu SH,  Haris Dirut EBTKE,  Sekda Tapsel Drs.  Parulian Nasution MM,  Para pimpinan OPD,  Camat SDH,  Kabag Humas & Protokol,  Kapolsek,  Denramil dan Masyarakat Desa Silangkitang Tambiski Kecamatan Saipar Dolok Hole.

Setelah penandatangan prasasti,  acara kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita memasuki power hause PLTMH serta Pembagian lampu hemat energi kepada operator PLTMH dan warga Desa Silangkitang Tambiski.

Peresmian PLTMH yang menghabiskan dana lebih kurang 3,9 M tersebut saat ini sudah menerangi 150 rumah tangga warga Desa silangkitang Tambiski yang terdiri dari 6 lorong dan 96 buah titik lampu jalan yang menyebar di desa tersebut.

Dengan adanya PLTMH tersebut Bupati Tapsel mengajak seluruh warga untuk memelihara hutan,  karena operasional turbin PLTMH bergantung pada debit air yang erat kaitannya dengan hutan, “ujar Syahrul.
[25/2 10:41 AM] Rijal Humas: Dua Dusun di Kec. SD Hole Akan dialiri Listrik PLTMH

Selain membutuhi 150 kepala keluarga desa Silangkitang Tambiski PLTMH berkapasitas 53 Kilowatt juga akan membutuhi dua dusun tetangga yakni dusun Tano Hudon Jae/dusun Tano Hudon Julu di Desa Mandala Sena, Kecamatan SD.Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan.

“Insya Allah tahun ini (2018) dua dusun berpenduduk sekitar 24 kepala keluarga itu sudah dapat menikmati listrik,” kata Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu.

Syahrul menyampaikannya pada saat peresmian PLTMH Silangkitang Tambiski sekaligus serahterima naskah hibah dari Kementeria ESDM melalui Dirjen EBTKE Rida Mulyana kepada Pemkab (Bupati) Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu yang disaksikan Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan Pasaribu, Sabtu.

Dihadapan Dirjen dan Komisi VII DPR-RI dan lainnya Syahrul mengatakan, Tano Hudon Jae dan Tano Hudon Julu Mandala Sena juga bagian NKRI. Sedang kedua dusun itu sama sekali belum pernah tersentuh listrik sebagaimana ratusan tahun dirasakan desa tetangga Silangkitang Tambiski sebelumnya.
Atas keprihatinan Bupati Syahrul berkordinasi agar alokasi dana desa 2018 Mandala Sena disisihkan untuk membangun jaringan agar dua dusun Tano Hudon Jae/dusun Tano Hudon Julu dialiri listrik 2018.

Langkah Bupati untuk menerangi kedua dusun tersebut cukup disambut positif Dirjen EBTKE dan Komisi VII DPR-RI.”Saya baru ini ketemu dengan Bupati (Syahrul M.Pasaribu) yang begitu semangatnya untuk membangun,”kata Dirjen EBTKE Rida Mulyana.

Selain 24 kepala keluarga nantinya ada juga dua rumah ibadah dan fasilitas umum di dua dusun tersebut yang bakal mendapatkan aliran listrik, jelas Syahrul.Terpisah Kadis Perindag Tapanuli Selatan Helmi menyebut ada kelebihan daya listrik PLTMH Silangkitang Tambiski yang bernilai mencapai Rp4 milyar tersebut, sehingga sangat memungkinkan arus listriknya untuk dibagi lagi. PLTMH Silangkitang Tambiski berkapasitas 53 KW memiliki tegangan rendah 220 V dan sudah dinaikkan menjadi 20.000 V setelah penambahan travo.(HMS).

Admin: Siti Putriani

Komentar

Komentar Anda

About Siti putriani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.