Bupati Tapsel H.Syahrul M.Pasaribu,SH, Kepala Desa Harus Menjadi Pejuang Perlindungan Jaminan Sosial

Sekda meyerahkan klaim kepada Nurmayan siregar.

SIPIROK(Malintangpos Online): Bupati Tapanuli Selatan H. Syahrul M Pasaribu SH yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan Drs. Parulian Nasution MM menyebutkan Kepala Desa di Kabupaten Tapanuli Selatan harus bisa menjadi pejuang perlindungan jaminan sosial nasional serta bisa menjadi pencipta yang berarti bisa menciptakan sesuatu yang terbaik dalam membangun desanya masing-masing.

Demikian dikatakan Parulian saat membuka Rapat Kerjasama Operasional (KSO)  kepesertaan aparat Desa se-kabupaten Tapanuli Selatan dalam program BPJS Ketenagakerjaan yang berlangsung di Aula Sarasi II lantai tiga Kompleks perkantoran Pemerintahan Bupati Tapanuli Selatan Sipirok,  Rabu (8/8).

Lebih lanjut Sekda mengatakan dihadapan seluruh Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Tapanuli Selatan bahwa Undang-undang nomor 40 tahun 2014 tentang sistem jaminan sosial nasional baru bisa dieksekusi ataupun diaplikasikan setelah dikeluarkannya undang-undang nomor 24 tahun 2011 yang mengamanatkan agar tidak satu orangpun rakyat di Indonesia yang tidak terlindungi oleh Jaminan Sosial Nasional.

Untuk itu Parulian mengajak seluruh Kepala Desa agar mengikutsertakan seluruh perangkat Desanya didalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan sebab anggaran untuk membiayai iuran BPJS Ketenagakerjaan bagi perangkat Desa bisa ditampung di dalam dana Desa, “tuturnya.

Sementara Kepala BPJS Ketenagakerjaan Padangsidimpuan Zainal Fahruddin menyebutkan kepesertaan perangkat desa di didalam BPJS Ketenagakerjaan saat ini baru mencapai 60 % kepesertaan dari seluruh Desa yang ada di Tapsel.

Untuk itu Zainal berharap kedepan seluruh perangkat Desa bisa terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan yang saat ini memiliki 4 program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja,  Jaminan Kematian,  Jaminan Hari Tua serta Jaminan Pensiun, “paparnya.

Rapat Kerjasama Operasional tersebut diisi pemateri Amri Irwansyah Kabid Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Padangsidimpuan.

Pada kesempatan tersebut Bupati yang diwakili Sekda Tapsel juga berkesempatan menyerahkan Klaim Jaminan kematian ahli waris dari tenaga kerja Bahrin Pulungan Ketua BPD Desa Bulugading Kecamatan Sayurmatinggi yang bernama Nur Mayan Siregar sebesar Rp. 24.000.000 serta pemberian plakat Ketenagakerjaan yang turut disaksikan Plt. Kepala Pemberdayaan dan Masyarakat Desa M Yusuf Nasution serta Kaban Kesbang Hamdy S Pulungan.(hms)

 

 

 

Admin : Dina Sukandar Hasibuan,A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.