Bupati Taput Canangkan Mina Padi di Kecamatan Tarutung

TARUTUNG(Malintangpos Online): Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi beberapa Pimpinan OPD canangkan Mina padi bersama kelompok tani Mardame Pea Hasada seluas 1 hektar pada lahan IP2, di Desa Parbubu Pea Kecamatan Tarutung, Senin (24/08).

Kecamatan Tarutung memiliki lahan persawahan seluas 779 hektar dan telah melakukan IP2 (Pertanaman dua kali) dalam setahun pada lahan seluas 187 hektar.

“Dengan menggalakkan Mina Padi dan IP2, saya yakin kita akan menghasilkan produksi padi, plus ikan yang kita tabur. Kita harus benar benar serius memanfaatkan program ini untuk kemajuan Tapanuli Utara dalam mewujudkan Taput sebagai lumbung pangan,” ujar Bupati mengawali.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa di samping mengambil hasil yang baik, kita juga harus tetap menjaga kesuburan tanah dengan pupuk mikroba. Bukan hanya pupuk kimia, tetapi pupuk alami yang bisa mengembalikan kesuburan secara alami. “Saya tidak akan lelah menghimbau dan menggalakkan ini hingga semua masyarakat menyadari manfaat IP2 dan Mina padi. Kita harus mewujudkan ini, saya yakin pasti berhasil asal kita mau,” ujar Bupati mengakhiri.

Menggunakan pupuk kimia secara terus menerus akan membuat tanah kita jadi gersang. Kita Perusda (perusahaan daerah) pertanian siap memberikan informasi untuk penggunaan pupuk mikroba,” ujar Direktur Peruda Janpiter Lumbantoruan dalam kesempatan itu.

Selanjutnya Bupati turun ke sawah mencanangkan Mina Padi melalui penanaman perdana padi IP2 dan penaburan benih ikan(PDIP/Isk)

Admin : Iskandar Hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.