Canangkan Germas Di Kab. Tapanuli Selatan untuk membangun kebiasaan berperilaku hidup sehat

Tridesman M. Kes mewakili Gubsu poto bersama dengan sekdakab Tapanuli Selatan Drs. Parulian
Nasution MM usai acara Pencanangan Germas Di Kab. Tapanuli Selatan, di Lapangan Sarasi II Kelurahan
Bintuju Kecamatan Batang Angkola (29/11).

TAPANULI SELATAN (Malintangpos Online):Gubernur Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Dr. Ir H Tengku Erry Nuradi SE, MS.i  yang diwakili Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan sumut, Tridesman M. Kes mencanangkan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas)  di Kab. Tapanuli Selatan yang dipusatkan di Lapangan Sarasi II Kelurahan Bintuju Kecamatan Batang Angkola (29/11).

Acara Pencanangan Germas tersebut dimulai dengan penandatanganan hidup sehat bersama yang diiringi penekanan tombol sirene oleh Tridesman M. Kes yang didampingi Sekda Tapanuli Selatan Drs.  Parulian Nasution MM dan Plt. Kadis Kesehatan Tapanuli Selatan Drs. Marasaud.

Laporan ketua panitia pelaksana acara Drs. Marasaud mengungkapkan bahwa peserta pencanangan Germas tersebut mengusung Tema " Sehat Keluargaku,  Sehat Indonesiaku" yang diawali dengan senam massal bersama yang diikuti oleh penerima Kartu Indonesia Sehat,  Lansia,  Ibu hamil,  Siswa SD SMP dan SMA,  OPD,  Pegawai dan Kepala Puskesmas Se-Tapanuli Selatan,  Kepala Desa,  PKK,  Kader Posyandu dan Naposo Nauli Bulung.

Bupati Tapanuli Selatan H Syahrul M Pasaribu SH yang diwakili Sekretaris Daerah Kab. Tapanuli Selatan Drs. Parulian Nasution MM mengungkapkan bahwa dicanangkannya Germas di Tapanuli Selatan karena daerah tersebut memiliki semangat yang tinggi untuk mensosialisasikan, dan mengajak masyarakatnya untuk bersama-sama membangun kebiasaan berperilaku hidup sehat yang sesuai dengan Visi Misi Tapanuli Selatan menjadikan manusia pembangun yang sehat.  Dia juga mengatakan, ada beberapa indikator dalam membiasakan diri untuk
berperilaku hidup sehat, diantaranya mengajak masyarakat untuk membiasakan diri berolahraga minimal 30 menit setiap hari,  mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, dan selalu lakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter setiap enam bulan sekali, sehingga dari indikator tersebut diharapkan derajat kesehatan di Kab. Tapanuli Selatan bisa meningkat, ujarnya.

Sementara amanat Gubernur Sumut yang dibacakan Tridesman M. Kes menuturkan, hadirnya Germas ini sebagai upaya peningkatan hidup sehat dan bersih di masyarakat, Germas tidak lain merupakan ajakan untuk membiaskaan diri hidup sehat di masyarakat dilakukan dengan preventif, kuratif, dan promotif. Maka program ini
diharapkan menurunkan beban penyakit," tuturnya. Pantauan, rangkaian pencanangan Germas tersebut diisi dengan berbagai macam hiburan diantaranya doorprize, lomba merangkai sayur dan buah, Stan pameran yang diikuti beberapa OPD terkait di Tapanuli Selatan.(ASN)

Admin: Siti Putriani

Komentar

Komentar Anda

About Siti putriani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.