Catatan Awal Januari 2020(1), Prediksi Bacalon Bupati Madina “Tiga Pasangan“

Ilusterasi Calon Bupati dan Wakil Bupati

KEMUNGKINAN  Besar di pesta demokrasi tahun 2020 yang akan datang ini, Bakal Calon Bupati (Bacalon) Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Mandailing Natal, yang akan bertarung tidak sebanyak yang viral selama ini, sebab ada kemungkinan Bacalon sengaja “Memborong” Partai Politik agar yang ikut bertarung semakin sedikit dan peluang bacalon yang memborong partai semakin terbuka, mungkin ia, karena satu(1) calon akan lolos dari Independen.

            “ Melihat kondisi politik sekarang ini di Bumi Gordang Sambilan, walaupun sebelumnya masing-masing Bacalon telah mendaftarkan diri secara terbuka ke Partai Politik(Parpol) yang membuka pendaftaran, di prediksi yang akan bertarung hanya Tiga(3) Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Mandailing Natal,” ujar Risky Khairani Pulungan,S.Sos salah seorang Pengamat Politik di Kota Panyabungan, Rabu(8-1) di Rindang Hotel Panyabungan.

            Siapa Bacalon Bupati nya…? Yang jelas Drs.H.Dahlan Hasan Nasution ( Patahana) di prediksi akan maju lagi, alasannya 07 Januari 2020 dilaksanakan lagi mutasi Pejabat Eselon II,III dan IV oleh Bupati Mandailing Natal dan masalah partai yang akan ditumpanginya dan Calon Wakil Bupati nya masih teka-teki, sebab secara terang-terangan belum muncul, walaupun sudah pernah di isukan dengan H.Aswin Parinduri ( Ketua DPD.Golkar Madina sekarang).

            Selain Drs.H.Dahlan Hasan Nasution, Drs.M.Idris Lubis,MT – H.As.Imran Khaitamy Daulay,SH ( Jalur Independen ) diyakini akan mampu mengumpulkan 25 ribu lebih pendukung diminal tersebar di 12 Kecamatan dari 23 Kecamatan yang ada di Kabupaten Mandailing Natal, karena Teamnya sangat gigih dan terus bergerak setiap harinya.

            Disamping itu, Brigjen (Purn) TNI.M.Sofwat Nasution, H.Achmad Husein Nasution (Sein SBN), HM.Jakfar Sukhaeri Nasution ( Wakil Bupati Madina sekarang), H.Porkas Lubis ( Pemilik Pesantren), H.Aswin Parinduri (Ketua DPD.Golkar Madina sekarang) adalah Bakal Calon (Bacalon) yang akan memperbutkan 40 Kursi di DPRD Mandailing Natal dari Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, PKB, PKS, PAN, Nasdem, PPP, PKPI, Perindo, Berkarya, Hanura, PDI Perjuangan, serta Partai lainnya.

            Memang, rumor dan perbincangan Bacalon yang sudah melakukan lobi-lobi Politik, mulai dari Kabupaten, Provinsi Sumut, hingga ke Jakarta sebagai Pimpinan Parpol tertinggi, banyak yang mengutarakan bahwa Drs.H.Dahlan Hasan Nasution telah menguasai Parpol, ada juga yang mengatakan Brigjen (Purn) TNI.M.Sofwat Nasution sudah menguasai beberapa Parpol dan mendapat restu dari Ketua Umum Partai di Jakarta.

            Yang tidak kalah ramainya dibicarakan, H.Achmad Husein Nasution juga sudah dapat restu dari Delapan(8) Kursi di DPRD yang terdiri dari beberapa Partai Politik, selain itu H.Porkas Lubis juga dikabarkan telah mendapat 8 Kursi, serta H.Aswin Parinduri juga telah mendapat restu dari DPP.Golkar untuk maju sebagai Bacalon Bupati dan H.M.Jakfar Sikhaeri Nasution juga telah direstui oleh DPP.PKB, tinggal mencari 4 kursi lagi.

            Pengamat Politik yang juga Mantan Ketua DPC.PDI Perjuangan Mandailing Natal Iskandar Hasibuan, dalam suatu diskusi di Kota Panyabungan, juga berpendapat, bahwa Bacalon Bupati Madina yang akan ikut bertarung di tahun 2020 mendatang ini hanya Tiga(3) pasangan Calon, karena satu pasangan calon dari Jalur Independen, yaitu Drs.M.Idris Lubis,MT – H.As.Imran Khaitamy Daulay,SH ( Politisi Golkar).

            Memang, ujar Iskandar, selain Drs.H.Dahlan Hasan Nasution (Patahana) dan Drs.M.Idris Lubis,MT, sangat sulit untuk menebak siapa yang akan mampu mendapatkan minimal 8(delapan) kursi dari 40 kursi yang ada di DPRD Mandailing Natal.

            Kata dia, kalau berbicara bahwa si A dan si B telah mendapat 8 kursi dari 40 anggota DPRD dari berbagai Parpol, sangat mudah, yang jelasnya sampai 08 Januari 2020 ini semua Bacalon belum ada yang berani mengumumkan bahwa Partai tertentu telah mengeluarkan Rekomendasi, yang ada hanya saling klaim, bahwa Bacalon telah dapat, itu saja yang kita dengar.

            Kalau 3 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Madina yang bertarung, siapa yang akan menang..? tanya Wartawan “ sambil tertawa dia mengatakan, mendaftar saja belum, bagaimana kita mau memprediksi yang akan menang, mendaftarlah dulu, baru kita prediksi, kalau Bacalon boleh saja kita prediksi, karena yang santer punya kemampuan untuk mengambil partai, pasti kita ketahui,” ujar Politisi dari PDI Perjuangan itu dengan tegas ( Bersambung Terus)

 

 

 

Liputan : Zahria Nasution,S.Sos

Admin   : Siti

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.