Dampak”  Gas Beracun ”  Ternak Warga di Sekitar PT SMGP Turut Mati

PUNCAK SORIK MARAPI(Malintangpos Online): Tragedi yang diduga paparan gas beracun yang datang dari Wellpad T (Tango) milik perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) PT Sorik Marapi Geothermal Power (PT SMGP) di Desa Sibanggor Julu dan Desa Sibanggor Tonga Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Selasa (27/09) mengakibatkan puluhan warga terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panyabungan dan Rumah Sakit (RS) Permata Madina untuk mendapatkan penanganan medis.

Mungkin, Sebaran yang diduga” Gas Beracun “yang terjadi pada selasa (27/09) turut mengakibatkan Puluhan hewan ternak warga di Desa Sibanggor Tonga dan Desa Sibanggor Julu mendadak mati.

Matinya ternak, diduga terpapar ” Gas Beracun ” yang datang dari arah Wellpad T (Tango) yang saat itu sedang melakukan uji alir pada Sumur T-11.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal Siar Nasution, Kamis (29/09) yang dihubungi melalui WhatsApps membenarkan adanya hewan ternak warga yang mati yang kuat dugaan turut terpapar gas beracun yang datang dari Proyek pengembangan PLTP PT SMGP.

“Saat ini Dinas Pertanian Mandailing Natal sedang melakukan pendataan berapa jumlah ternak warga yang mati, yang patut diduga turut terpapar gas beracun pada selasa kemarin, untuk jumlahnya belum diketahui pasti” ungkapnya.

Selain melakukan pendataan hewan ternak yang diduga turut terpapar gas beracun, Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal juga melakukan peninjauan dampak dari paparan gas beracun terhadap tanaman pertanian warga di sekitar wellpad T (Tango).( Sy/Red)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.