Desa Hutarimbaru Banjir Lagi, Aek Simalagi Normalisasi Dong..

HUTABARGOT(Malintangpos Online): ” Normalisasi Dong Aek Simalagi,” Kalimat itulah yang terlontar dari warga Desa Hutarimbaru Kec.Hutabargot Kab.Madina yang pemukimannya, Sabtu malam(1/1) kembali dilanda banjir akibat meluapnya Aek Simalagi di daerah itu.

Mhd Idris Nasution, Warga Desa Hutarimbaru Kecamatan Huta Bargot yang menghubungi Wartawan ,Sabtu (01/01) melalui Panggilan Massanger menyampaikan bahwa Banjir ini sudah berulangkali, pada Desember 2021 yang lalu Sungai (Aek) Simalagi meluap juga dan menyebabkan banjir.

Namun hingga kini belum ada upaya dari Pemerintah untuk menormalisasi kembali Sungai (Aek) Simalagi, karena apabila debit airnya meningkat tidak meluap ke Pemukiman Warga

” Kami berharap Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal segera melakukan normalisasi Sungai (Aek) Simalagi,” ujarnya dengan berharap.

Sebelumnya , jika Sungai (Aek) Simalagi mengakibatkan banjir maka tak sampai dalam 1x 24 Jam telah di lakukan pengerukan sedimen

Sehingga tidak menjadi permasalahan yang berulang, namun ini semenjak kejadian banjir 18 Desember 2021 belum ada pengerukan sedimen dan terkesan sangat lamban.

Secara terpisah, warga lainnya, sangat berharap kepada Pemda Madina, khususnya pihak Dinas PUPR agar mengalokasikan anggaran untuk normalisasi Aek Simalagi

” Masyarakat 3 Desa di daerah itu telah berusaha untuk menormalisasi Aek Simalagi, tapi namanya manusia, kemampuan terbatas, harus pakai Alat berat, agar warga tenang,” ujar R.Pulungan warga setempat.

Kata Pulungan ” Apakah daerah kami hancur dulu baru ada perhatian normalisasi aek Simalagi, mudah – mudahan jangan ” ujarnya( Swl/Red)

 

Admin : Iskandar Hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.