Desa Hutatonga Kec.Panyabungan Barat Setelah Kucuran Dana Desa

PEMERINTAH Pusat hingga tahun 2020 sekarang ini, telah mengalokasikan anggaran 6 kali ke setiap desa, termasuk Desa Hutatonga di Kecamatan Panyabungan Barat, Kabupaten Mandailing Natal.

Wartawan Malintang Pos Group Dita Risky Saputri, SKM yang turun secara langsung ke daerah Kec.Panyabungan Barat, bersama sejumlah LSM(Lembaga Swadaya Masyarakat) untuk melihat secara dekat apa yang telah berubah di desa itu setelah menerima kucuran dana APBN sejak tahun 2015-2020 ini, berikut laporannya.

” Telah banyak warga yang datang ke desa ini mencari -cari Plt. Kades,apa ini rombongan Wartawan atau LSM, ” sebut seorang warga di salah satu Kedai Kopi ketika ditanya apakah ada perubahan di desa itu setelah adanya Dana Desa(DD)

Dengan spontan dan mata melotot si bapak sambil menyirup Kopi Manis berkata ” Yang berubah jalan makin rusak, jalan Rabat ada sudah rusak, Lampu listrik sumber Dana Desa sudah rusak, pemberdayaan ada, tapi yang lebih berdaya Kades dan aparat desa, ” Ujar laki -laki dengan muka sinis menjawab pertanyaan Wartawan.

Si Bapak yang memakai Kaos sedikit kumal dan berkumis dengan mata melotot kembali berkata ” Plt. Kades Hutatonga adalah cewek, ngak mungkin dia mampu mengayomi masyarakat,apalagi mengelola Dana Desa, ” katanya.

Sambil menyirup Kopi si Bapak berkata lagi, bahwa Dana Desa Hutatonga beberapa waktu lalu pernah di protes warga, tapi tindakan yang nyata tidak ada,baik dari inspektorat maupun Kadis PMD, malah Kades tenang saja walaupun DD kurang tepat sasaran.

” Warga sudah apatis, warga bosan protes, yang kenyang Kades dan Inspektorat, ” ujarnya (Bersambung)

Admin : Iskandar hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.