DI TAPTENG HARGA MATERIAL JENIS BATU KALI JARANG NAIK

Jenis Batu Kali yang Tak Pernah Naik di Tapteng

TAPTENG (Malintangpos Online:)Salah seorang pengusaha batu kali di Desa Kebun Pisang kepada wartawan, Senin (10/4) menuturkan bahwa selaku pengusaha batu kali, kerikil dan pasir, dirinya tidak berdaya secara sendiri untuk menaikkan harga batu kali berbagai ukuran, disebabkan usaha seperti dirinya di daerah itu cukup banyak. Bila harga dinaikkan, pembeli akan memilih mengorder di tempat lain.

Dijelaskan, dari dulu harga batu kali seperti batu bulat dan batu pecah tidak pernah naik, dan harganya sangat stabil. Padahal banyak proyek pembangunan, khususnya di Tapteng sedang berjalan, bahkan proyek dari pusat seperti pelebaran jalan nasional. Dimana proyek tersebut banyak menyuplai batu bulat untuk pembangunan parit.

Anehnya, meskipun permintaan dan kebutuhan begitu besar, harga jual tetap seperti biasanya. Sementara biaya produksi seperti upah buruh dan bahan bakar peralatan kan terus naik. Saya tidak tahu lagi caranya supaya usaha ini bisa berkembang, tidak stagnan dan bahkan cenderung menurun.

Harga batu bulat saat ini yakni sekitar Rp 80.000 per kubik, batu pecah ukuran tiga setengah hanya Rp 130.000 per kubik. Harga itu untuk bahan yang dijemput di tempat, tetapi kalau berikut dengan ongkos angkut maka harganya jelas akan berbeda dan harus memberikan tambahan ongkos, angkut itupun tergantung jauh dekatnya lokasi antaran.

Secara ekonomi, jika banyak proyek, maka harga pun akan bersaing dan bahkan bertambah. Tetapi hal itu tidak akan pernah terjadi, apalagi daerah penghasil batu bukan di Desa Kebun Pisang saja, ada juga di berbagai tempat seperti Pinangsori dan daerah yang memiliki sungai lainnya di Tapteng. Itu makanya sulit untuk menaikkan harga jual batu kali di sini,” akunya yang diamini oleh pengusaha batu lainnya R Panjaitan dan S Zebua yang kebetulan ada di lokasi.

Kemudian disampaikannya, salah satu solusi agar harga batu kali dan bahan material bangunan lainnya seperti pasir dan kerikil bisa naik, sehingga kesejahteraan para pengusaha beserta buruh pekerja batu sedikit meningkat, adalah melalui kebijakan penaikan harga bahan bangunan dalam penyusunan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) setiap proyek.(bakara)

 

Admin: Siti Putriani

Komentar

Komentar Anda

About Siti putriani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.